Ongkos Tiket Penerbangan Sempat Melambung, INACA Sepakat Turunkan Harga

0

SELURUH maskapai nasional yang tergabung dalam Indonesia National Air Carrier Association (INACA) sepakat menurunkan tarif tiket penerbangan sejak Jum’at (11/1/2019) pada beberapa rute. Ambil contoh untuk jalur Jakarta-Denpasar, Jakarta-Jogjakarta, Jakarta-Surabaya, Bandung-Denpasar serta bakal dilanjutkan rute penerbangan domestik lainnya.

KESEPAKATAN ini dicetuskan atas dasar protes masyarakat melihat harga tiket yang kian melambung. Ketua INACA, Ari Ashkara menyebut permasalahan ongkos penerbangan yang semakin meninggi ini juga telah dibahas secara intensif bersama Kementerian Perhubungan RI.

Dijelaskan Ari, fokus pembahasan Kemenhub RI lebih banyak berbicara mengenai penurunan struktur biaya pendukung layanan bandar udara dan navigasi agar terjadi keselarasan dengan mekanisme pasar industri penerbangan dan daya beli masyarakat.

BACA: Waduh, Harus Transit, Harga Tiket Pesawat Pulang ke Banjarmasin Tembus Lebih Rp 1 Juta

Melalui penurunan tarif tiket penerbangan tersebut, Ari memastikan semua maskapai yang tergabung INACA dapat menggenjot akses masyarakat terhadap layanan transportasi udara semakin terbuka luas.

Selain itu, kebijakan ini juga dapat meningkatkan sektor perekonomian nasional, mengingat layanan transportasi udara memegang peranan penting dalam menunjang pertumbuhan infrastruktur perekonomian.

Ia juga memastikan penurunan tarif tiket penerbangan ini juga telah sesuai koridor regulasi dan aturan tata kelola industri penerbangan nasional.

“Meski terjadi penurunan, tetap mengutamakan keselamatan penerbangan, dengan tetap meningkatkan pengawasan atas safety dan maintenance seluruh pesawat,” tandasnya.

Sekadar diketahui, sederet maskapai memang telah masuk dalam kepengurusan INACA. Misalnya, Garuda Indonesia, Air Asia, Sriwijaya Group, Lion Air Group, dan Citilink. (jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Donny Muslim

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.