Nama ZA Maulani Diusulkan Menjadi Nama Jalan Kutabamara

0

PEMERINTAH Kabupaten Barito Kuala kini mengupayakan akses jalan darat dari Kecamatan Kuripan langsung ke Ibukota Kabupaten Marabahan, melalui skema proyek multiyears.

TOKOH masyarakat Batola, Nasrullah, memberikan apresiasi atas konsistensi Pemkab Batola di bawah pimpinan Bupati Noormiliyani dan Wakil Bupati Rahmadian Noor membangun kabupaten tersebut. Terutama proyek Kutabamara dengan realisasi pembangunan jalan darat dari Kuripan ke Marabahan.

BACA : Ramaikan Hari Jadi Kabupaten Batola, DAD Kalsel Suguhkan Budaya Dayak

“Dalam rangka Hari Jadi Batola Ke-60, saya memberikan beberapa cacatan. Pertama, pembangunan jalan darat, apabila  selesai nantinya adalah keberhasilan total pemerintah Kabupaten Batola. Sebab, selama ini jalan darat berorientasi ke utara juga disupport pemerintah pusat hingga peninggalan kolonial Belanda dan Jepang,” kata Inas sapaan akrabnya kepada jejakrekam.com, Rabu (09/01/2020).

Inas mengusulkan nama jalan tersebut Jalan ZA Maulani, sebagai penghargaan atas tokoh militer-intelektual Bakumpai dari Batola yang menasional. “Nama ZA Maulani telah diabadikan sebagai nama Jalan di Balikpapan. Sedangkan Batola, sebagai tanah kelahiran beliau, sejauh ini belum memberikan penghargaan itu,” kata akademisi FKIP ULM ini.

BACA JUGA : Pameran Pembangunan Meriahkan Hari Jadi Ke-60 Batola

Inas menyebut Jalan Kutabamara dengan segala daya upaya pemkab dan harus didukung legislatif mesti dituntaskan. Sehingga tidak meninggalkan pekerjaan rumah bagi kepemimpinan selanjutnya.

Sekadar informasi, proyek Jalan Kutabamara yang menghubungkan antara Kecamatan Kuripan – Tabukan – Bakumpai, dan Marabahan, dimulai sejak tahun 2018 silam. Selama ini akses menuju Kecamatan Kuripan hanya bisa dilewati melalui tranportasi air. Ditargetkan tahun 2022 mendatang Proyek Kutabamara ini akan rampung.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Almin Hatta

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.