Bukan Berstatus Ibukota Provinsi, Banjarmasin Tak Lagi Dapil Kalsel 1 di Pemilu 2024

0

BANJARMASIN tak lagi berstatus Ibukota Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) usai dipindah ke Kota Banjarbaru dengan terbitnya UU Nomor 8 Tahun 2022 pada 15 Februari 2022.

IMBASNYA, kini Banjarmasin tak lagi ditetapkan sebagai daerah pemilihan (dapil) 1 untuk perebutan kursi anggota DPRD Provinsi Kalsel pada Pemilu 2024 mendatang.

Hal ini terungkap dalam uji publik terhadap dua usulan penataan dapil dan alokasi kursi anggota DPRD Kalsel pada Pemilu 2024 oleh KPU Kalsel di Hotel Zuri Express Banjarmasin, Rabu (18/1/2023).

Ketua KPU Kalsel Sarmuji mengatakan dengan adanya uji publik bisa menggali masukan dari forum pemerintah daerah, dinas terkait maupun berbagai unsur masyarakat berkenaan dengan rancangan dapil dan alokasi kursi parlemen.

BACA : Cabut Gugatan UU Kalsel di MK, Walikota Ibnu Sina dan Ketua DPRD Banjarmasin Harry Wijaya Dikritik

“Hal ini mengacu ke PKPU Nomor 6 Tahun 2022 bahwa tahapan penataan dapil, maka KPU provinsi bisa membuat maksimal tiga rancangan dapil. Kemudian diujipublikkan guna mendapat tanggapan dari masyarakat,” kata Sarmuji.

Menurut dia, berdasar penetapan dapil Pemilu 2019 lalu, Kalsel dibagi dalam 7 dapil menjadi rancangan pertama. Namun, posisi Banjarmasin berubah jika sebelumnya berada di dapil Kalsel 1, maka bisa menjadi Kalsel 2.

BACA JUGA : Kado Pahit Harjad Banjarmasin ke-496, Walikota-Ketua DPRD Cabut Gugatan UU Kalsel di MK

“Untuk rancangan kedua masih 7 dapil, tapi posisi Banjarmasin berada di dapil Kalsel 2. Sedangkan, jumlah kursi yang diperebutkan dari 8 menjadi 9 kursi,” tutur mantan anggota KPU Kabupaten Tapin.

Sedangkan, kata dia, untuk rancangan ketiga adalah dapil tetap 7 di Kalsel, namun Banjarmasin berada di dapil Kalsel 3, karena saat ini terdiri dari 13 kabupaten/kota. Pada Pemilu 2019, Banjarbaru bergabung dengan Tanah Laut dalam satu dapil.

Begitupula, kabupaten lainnya seperti Tapin, Hulu Sungai Selatan (HSS) dan Hulu Sungai Tengah (HST). Termasuk, Balangan, HSU dan Tabalong dan Tanah Laut, Kotabaru dan Tanah Bumbu. Sedangkan, Kabupaten Banjar dan Kabupaten Batola menjadi dapil tersendiri.

BACA JUGA : Anggaran KPU-Bawaslu Naik 3 Kali Lipat, Honor Penyelenggara Pemilu 2024 Gede

“Dari 13 kabupaten/kota di Kalsel, jumlah penduduk berdasar Data Agregat Kependudukan Kecamatan (DAK  ) Pemilu 2024 sebanyak 4.141.533 jiwa. Makanya, Provinsi Kalsel berada pada provinsi dengan jumlah penduduk antara 3-5 juta, sehingga jumlah kursi di DPRD provinsi adalah 55 kursi,” papar Sarmuji.

Alokasi kursi juga berubah. Sarmuji menerangkan sebelumnya dapil Banjarmasin diperebutkan 8 (Pemilu 2019) menjadi 9 kursi pada Pemilu 2024. Dengan pertimbangan, kabupaten lainnya berkurang jumlah kursi yang diperebutkan.

BACA JUGA : Penduduk Kalsel Tak Bertambah, Ini Jumlah Kursi DPRD Kabupaten/Kota Diperebutkan di Pemilu 2024

“Ambil contoh, dapil Kabupaten Banjar pada Pemilu 2019 awalnya 9 kursi menjadi 8 kursi. Sedangkan, dapil 5 (HSU, Tabalong, dan Balangan) sebanyak 9 kursi diturunkan jadi 8 kursi. Sedangkan, dapil Kalsel 6 (Kotabaru dan Tanah Bumbu) dari 8 menjadi 9 kursi di Pemilu 2024,” paparnya.

Sarmuji menyebut dengan status Banjarbaru sebagai Ibukota Proivinsi Kalsel berdasar UU Nomor 8 Tahun 2022, maka penetapan dapil disesuaikan dengan arah jarum jam. “Tentu saja, ada perubahan Banjarbaru dan Tanah Laut menjadi dapil Kalsel 2, yang sebelumnya berada di dapil Kalsel 7,” ujarnya.

BACA JUGA : Berikut Nomor Urut Parpol Peserta Pemilu 2024

Pun, kata Sarmuji, Banjarmasin jadi dapil Kalsel 2, Kabupaten Banjar (dapil Kalsel 3), Batola (dapil Kalsel 4), dapil Kalsel 5 (Tapin, HSS, dan HST) dan dapil Kalsel 6 (HSU, Tabalong dan Balangan) dan dapil Kalsel 7 (Kotbaru dan Tanah Bumbu).

“Sedangkan, rancangan ketiga adalah dapil Kalsel 1 Banjarbaru dan Tanah Laut. Begitupula, dengan daerah lainnya. Kami akan menghitung persentasenya dari dua rancangan ini yang akan dikonsultasikan ke KPU RI,” pungkas Sarmuji.

Ini Rancangan Dapil (DPRD) Kalsel di Pemilu 2024:

Dapil Kalsel 1 : Kota Banjarbaru-Kabupaten Tanah Laut

Dapil Kalsel 2 : Kota Banjarmasin

Dapil Kalsel 3 : Kabupaten Banjar

Dapil Kalsel 4 : Kabupaten Batola

Dapil Kalsel 5 : Kabupaten Tapin, HSS dan HST

Dapil Kalsel 6 : Kabupaten HSU, Balangan dan Tabalong

Dapil Kalsel 7 :  Kabupaten Kotabaru-Tanah Bumbu

(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.