Kita Mesti Hadir Untuk Kalteng

0

Oleh: Odon 

SAYA INGIN mengajak kita flashback sejenak  ke 9 bulan lalu. Tepatnya  januari 2021. Rasanya ini sekenario  indah oleh Tuhan menautkan hati kita,  di mana pada bulan tersebut warga Kalimantan Selatan terkena musibah banjir dimana mana. HST satu daerah yang paling terdampak ketika itu.

SAYA pribadi merasakan bagaimana dari fase darurat sampai penanganan pasca bencana, yang melampaui ratusan hari, puluhan minggu untuk pemulihan. Bantuan saat itu datang dari berbagai daerah, salah satu daerah yang mendukung sangat luar biasa adalah Kalimantan Tengah, khusus nya warga dan Pemerintah Kabupaten Katingan.

Saat itu saya bersentuhan langsung dengan di lapangan. Mereka membantu sampai pelosok daerah. Ada pun bantunya berupa logistik, support alat dan tenaga relawan, dibarengi juga dengan suport moril dan memberi energi positif kepada para korban untuk kembali bangkit. 

Itu adalah gambaran singkat bentuk kepedulian mereka kepada kita warga Kal-sel. Mungkin ikatan emosional kita yang sudah di bentuk sejak jaman nenek moyang kita karena kita masih 1 tanah yaitu tanah Kalimantan, yang membuat orang2 baik dari Kalteng terus menerus menjadi bagian dari kalsel. Demikian sebaliknya.

Sepuluh hari yang lalu begitu saya mendapatkan informasi via telpon dari kawan – kawan  relawan Kalteng yang terlibat langsung dengan saya pada saat penanganan banjir Kalsel, mereka memberikan kabar bahwa saat ini mereka lah yang menjadi korban banjir. 

BACA: Banjir Besar Hantam Kalteng, Aliansi Tabalong Ajak Warga Ambil Bagian

Bahkan beberapa anggota sudah ada yang pergi dan mengungsi. Setelah mendapat informasi tersebut, saya langsung menghubungi Ketua Yayasan Sayangi Sesama yang juga Ketua KS2 Tabalong yang menjadi satu atap sekretariat dengan  Aliansi Tabalong Peduli.

Diskusi dan konsultasi berlangsung singkat. Akhirnya disetujui akhirnya disetujui sebuah Aksi solidaritas kepedulian terhadap saudara kita di kalimantan tengah. Rapat mendadak digelar. Kami menyepakati sebuah aksi galang dana dan logistik tahap pertama.  Hari ini adalah hari terakhir aksi sosial peduli Kalteng itu dilaksanakan.

Jumat (10/9)  Insha Allah logistik yang sudah masuk sampai saat tulisan ini di buat  akan segera kami kirimkan ke Kalimantan Tengah.  Kami Insha Allah akan berangkat dari Kota Tanjung menuju Kabupaten Katingan mengantarkan bantuan orang-orang baik Tabalong.

Saya pribadi sangat mengharapkan kan support dari warga  Kalsel untuk menjadi bagian membantu saudara kita yang saat ini sedang ditimpa musibah Banjir yang menenggelamkan 19.000 rumah di  Kalteng.

Hubungi posko-posko kerelawanan di daerah masing – masing yang dibentuk oleh para relawan.  Lakukan itu sebagai sebagai bentuk empati dan pribadi kita kepada saudara kita di Kalteng. Mereka juga telah hadir di waktu lalu ketika Kalsel mengalami musibah serupa. Kita mesti hadir untuk Kalteng. Kami akan hadir, karena hati kami sungguh sangat terpaut lebih dari apa yang dikatakan. (jejakrekam)

Penulis adaalah Relawan K2S Tabalong

(Isi dari artikel ini sepenuhnya tanggungjawab penulis bukan tanggung jawab media)

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.