Permintaan Sapi Kurban Masih Sepi Sebulan Jelang Idul Adha

0

SATU bulan menjelang Hari raya Idul Adha, permintaan sapi untuk hewan kurban di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Basirih masih sepi.

HAL tersebut dapat dilihat dimana jumlah yang tersedia hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sapi potong di Banjarmasin. Yakni berkisar 70-an ekor.

Ketua UPT RPH Basirih, Annang Dwijatmiko mengatakan, hingga saat ini belum ada permintaan terkait sapi untuk kurban.

BACA: Tempuh Jalur Laut, Hewan Kurban di RPH Mantuil Alami Kelelahan dan Patah Tulang

Dimana biasa satu bulan menjelang Idul Adha, akan ada hewan kurban yang dititipkan ke RPH. Namun, hingga sekarang memang belum ada.

Dirinya pun mengungkapkan belum juga ada informasi masuk terkait kapan sapi ini akan tiba.

Berdasarkan perkiraannya, pada Hari Raya Idul Adha tahun ini, permintaan sapi untuk kurban di Banjarmasin tak akan jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Yakni berkisar antara 2.300 hingga 2.500 ekor.

“Tahun ini saya rasa jumlahnya juga masih sama,” ujarnya.

BACA JUGA: Tinggal Pasang IPAL, Gedung RPU Modern Belum Bisa Dipergunakan

Sapi yang biasanya ada di RPH merupakan sapi dari Nusa Tenggara Timur (NTT), Bali, hingga dari Madura. “Jadi memang saat ini masih sepi,” ujarnya.

Sementara itu, untuk kebutuhan di Banjarmasin idealnya jumlah sapi berkisar antara 10 hingga 17 ekor. Semakin besar sapi maka akan semakin sedikit jumlahnya.

Ditambahkan Annang Dwijatmiko, berat sapi yang saat ini ada di RPH berkisar antara 400 kilogram hingga 700 kilogram berat hidup.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.