Penantian Lama Pengurai Kemacetan, Jembatan Mantuil I Akhirnya Dapat Dilintasi

0

JEMBATAN Mantuil I di Jalan Kelayan Barat, Kelurahan Basirih Selatan, Kecamatan Banjarmasin Selatan kini akhirnya sudah bisa dilintasi.

SEBELUMNYA, jembatan tersebut telah selesai dibangun, pada penghujung Tahun 2023 yang lalu dengan anggaran Rp 16 miliar.

Namun, adanya beberapa hal dan proses penyelesaian administrasi yang perlu dilakukan terlebih dahulu, sehingga jembatan tersebut baru bisa dibuka.

BACA: Jembatan Tembus Mantuil Dijanjikan Akan Dibuka Secepatnya

Hal ini mengakhiri penantian masyarakat yang biasanya harus berjejal, untuk melewati Jembatan Mantuil Lama ketika jam sibuk.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banjarmasin, Slamet Begjo menerangkan, jika jembatan tersebut mulai beroprasional sejak beberapa hari lalu. “Kalau tidak salah mulai hari Kamis (25/4/2024) kemarin, kita telah buka,” ujarnya saat dihubungi melalui telepon, Senin (29/4/2024).

Selanjutnya setelah jembatan tersebut dibuka, pihaknya masih melakukan koordinasi bersama dengan Dinas PUPR Banjarmasin untuk memasang rambu lalu lintas. “Untuk pemasangan rambu sudah realisasi dan dioperasikan. Bahkan petugas kami stand by untuk mengawali pembukaan itu, memang tidak seremonial,” katanya.

BACA JUGA: Evaluasi Proyek PUPR, DPRD Banjarmasin Patok 28 Desember Jembatan Mantuil 1 Selesai Dibangun

Dijelaskan Slamet tentang alur lalu lintasnya, jika masyarakat melintas dari pusat kota maka masuk di sebelah kiri menggunakan jalan di jembatan baru. Sedangkan warga yang melintas dari Mantuil ke pusat kota, maka tetap menggunakan jalan di jembatan lama.

“Dengan sudah adanya pemisahan jalur itu, alhamdulillah arus lalu lintas jadi lancar. Pengurangan kecepatan itu saya kira efektif dan berfungsi mengurai kemacetan,” pungkasnya.

“Nantinya kemungkinan ada jembatan kembar yang di bangun di sampingnya. Akan tetapi saat ini masih pembangunan tahap satu,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.