Taat Pengelolaan Lingkungan Hidup, PLN Indonesia Power UBP Barito Raih Penghargaan Proper Biru

0

PLN Indonesia Power UBP Barito raih penghargaan peringkat kinerja perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) Peringkat Biru periode Tahun 2022-2023.

PENYERAHAN diberikan Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Tengah, Dr H Noor Halim di Hotel Aquarius Palangkaraya pada 6 Maret 2024.

PROPER merupakan sebuah program nasional yang mengevaluasi dan mengakui kinerja lingkungan perusahaan dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja pengelolaan lingkungan dan peran perusahaan.

BACA : PT PLN Pastikan UIP KLT Selesaikan Pembangunan Infrastruktur Kelistrikan Di Kaltim, Kaltara Dan Kalsel

PLN Indonesia Power UBP Barito memperoleh Sertifikat Penghargaan PROPER Peringkat Biru pada 4 unit pembangkit listrik diantaranya PLTD Baamang, PLTD Kahayan, PLTD Kapuas dan PLTD Kumai sebagai bentuk validasi terhadap komitmen mereka terhadap kinerja perusahaan yang ramah lingkungan.

Zeen Fuady, Team Leader Lingkungan PLN Indonesia Power UBP Barito menyatakan bahwa Proper Biru yang didapat merupakan bukti bahwa perusahaan wajib kepatuhan atau berperilaku taat pada aturan yang berlaku.

“Berkoordinasi dengan tiap bagian yang berada di unit pembangkit, terutama pada peserta program proper dalam menjaga lingkungan baik pengelolaan udara seperti memastikan mesin dalam kondisi prima, pengelolaan air seperti memastikan instalasi air limbah dalam keadaan yang bagus dan pengelolaan limbah B3 seperti pemenuhan dari ketentuan teknis untuk masa simpan dan pengangkutannya,” pungkas Zeen.

BACA JUGA : Meriahkan Sidang Transisi Energi G20, Kementerian ESDM Dan PT PLN Gelar Parade Motor Listrik

Zeen juga mengatakan, dilakukannya pemantauan lingkungan secara rutin sesuai kewajiban matriks UKL UPL seperti uji emisi cerobong asap, pemantauan udara ambient, kebisingan, air permukaan, dan sosial budaya masyarakat merupakan kiat perusahaan dalam meningkatkan pengelolaan lingkungan.

“Kami berharap tetap dapat menjaga lingkungan perusahaan baik pada pengelolaan maupun pemantauan lingkungan unit agar selalu dalam keadaan baik sesuai dengan aturan yang berlaku, sehingga keberhasilan ini tetap terjaga” tambah Zeen.

Lebih dari sekadar penghargaan, Sertifikasi Proper Biru menunjukkan bahwa PLN Indonesia Power UBP Barito beroperasi dengan taat dalam pengelolaan dan pemantauan lingkungan. Hal ini juga memberikan kepercayaan kepada konsumen dan pemangku kepentingan bahwa perusahaan ini mengutamakan keberlanjutan dalam setiap aspek operasionalnya.

Adanya Sertifikasi Proper Biru juga menunjukkan bahwa PLN Indonesia Power UBP Barito bukanlah sekadar konsep, melainkan prinsip yang terintegrasi secara mendalam pada budaya perusahaan untuk keberlanjutan prestasi lingkungan yang diakui secara resmi oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.(jejakrekam)

Penulis Riza
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.