PT PLN Pastikan UIP KLT Selesaikan Pembangunan Infrastruktur Kelistrikan di Kaltim, Kaltara dan Kalsel

0

DALAM giat kunjungan kerja, Direktur Mega Proyek dan Energi Baru Terbarukan PT PLN (Persero), Wiluyo Kusdwiharto kunjungi lokasi IKN dan Temu Pegawai PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (UIP KLT) pada Kamis (14/7/2022) lalu.

DIRINYA menyampaikan, PLN akan mendukung penuh seluruh kegiatan pembangunan IKN. Salah satunya dengan menyediakan infrastruktur ketenagalistrikan yang baik dan juga andal.

Saat ini dengan adanya kegiatan pembangunan IKN, maka perkembangan dan pertumbuhan iklim ekonomi di Kaltim, Kaltara dan Kalsel juga akan terus bertambah. Dimana hal tersebut sangat dibutuhkan adanya jaringan listrik yang andal. PLN siap menyuplai listrik untuk segala kebutuhan masyarakat.

BACA : Kebutuhan Listrik Makin Besar, Labkesda Kalsel MoU Dengan PT PLN

“Seperti saat ini dimana semakin banyak investor yang bermunculan untuk mengembangkan bisnisnya di Kaltim atau Kaltara hingga Kalsel. Hal tersebut harus kita dukung, melalui penyediaan infrastruktur ketenagalistrikan yang memenuhi dan andal. Mereka urus bisnisnya, PLN urus lisrtiknya,” ucap Wiluyo.

Seperti yang tengah dilakukan oleh UIP KLT yaitu melaksanakan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan untuk mengakomodir  Konsumen Tegangan Tinggi (KTT), yaitu dengan membangun 4 jaringan transmisi tegangan tinggi atau Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150kV diantaranya Maloy – Kobexindo, Bukuan – KFI, Batulicin – ITP, dan Selaru – Sebuku (SILO), hal ini juga merupakan komitmen PLN dalam bertransformasi dari supply driven menuju demand driven.

Hal tersebut sejalan dengan beberapa target Direktorat MPRO secara nasional diantaranya adalah Penambahan Pembangkit EBT sejumlah 229 MW, penambahan transmisi  sepanjang 4.537 kms, penambahan kapasitas Gardu Induk sebesar 4.930 MVA, dan penambahan insfrastruktur kendaraan listrik sebanyak 40 SPKLU serta program didieselisasi dengan 200 lokasi tersebar.

BACA JUGA : Meriahkan Sidang Transisi Energi G20, Kementerian ESDM Dan PT PLN Gelar Parade Motor Listrik

“Pastinya dalam merealisasikan dan menyelesaikan target-target tersebut, tantangannya akan selalu ada. Dan kita disini harus saling menguatkan dan bekerja sama agar dapat menyelesaikannya dengan cara kuatkan tekad, berfikir kreatif, dan bekerja ikhlas,” tambah Wiluyo.

Dalam kesempatan tersebut, General Manager PLN UIP KLT, Josua Simanungkalit juga menyampaikan pemaparan terkait progress pembangunan yang saat ini tengah dilaksanakan oleh UIP KLT. Selain pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan untuk KTT, pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan untuk penguatan sistem yaitu sistem interkoneksi Kaltim-Kaltara dan juga looping jaringan Kalsel terus dikebut penyelesaiaannya.

“Saat ini juga tengah melaksanakan penyelesaian pekerjaan SUTT 150kV Tanjung Redeb-Tanjung Selor, Tanjung Selor-Tidang Pale, Tanjung Redeb-Talisayan, Sangatta-Maloy dan juga looping jaringan Kalsel yang saat ini tengah dalam proses survey yaitu SUTT 150kV Grogot-Sei Durian. Itu semua berprogres dengan baik,” tambah Josua.

Wiluyo memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas bakti yang selama ini telah diberikan oleh seluruh pegawai PLN UIP KLT dalam rangka menyediakan infrastruktur ketenagalistrikan di Kaltim, Kaltara dan Kalsel.

“Terima kasih, atas segala jerih payah yang telah diberikan oleh rekan-rekan sekalian. Pesan saya, agar selalu mengutamakan aspek K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) dan aspek K2 (Keselamatan Ketenagalistrikan) dalam setiap pekerjaan. Dan tak lupa dalam pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan dapat mengedepankan prinsip tepat biaya, mutu dan waktu,” pungkas Wiluyo.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.