BPBD Balangan Imbau Masyarakat Waspada Kebakaran di Bulan Ramadan

0

BADAN Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balangan mengimbau dan mengajak masyarakat agar waspada terhadap musibah kebakaran dan bencana alam lainnya di bulan Ramadan.

KEPALA BPBD Balangan Rahmi, Selasa (12/3/2024) mengingatkan masyarakat selalu waspada terhadap potensi bencana seperti kebakaran, tanah longsor, angin puting beliung dan lain sebagainya.

Ia menambahkan, Ramadan ini terutama malam hari, agar masyarakat bisa memastikan kompor juga setelah sahur agar benar-benar sudah mati, serta jaga keamanan rumah masing-masing.

BACA : Lakukan kaji Terap, BPBD Balangan Kunjungi Kabupaten Banjar

“Jangan sampai karena keteledoran kita, musibah-musibah yang tidak kita inginkan terjadi, seperti kebakaran. Untuk itu mari kita tingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan guna mengantisipasi terjadi bencana,” jelasnya.

Ia pun memberikan saran agar aman meninggalkan rumah saat pergi salat Tarawih atau Subuh ke masjid yaitu pastikan mencabut alat elektronik yang tidak digunakan dari colokan listrik agar dari kemungkinan korsleting listrik, kemudian nyalakan lampu penerangan seperlunya.

BACA JUGA : 13 Inovasi BPBD Balangan, 8 Inovasi Masuk Penjaringan, 2 Inovasi Ikuti Bailang 2024

“Hal yang penting juga jangan tinggalkan kompor dalam keadaan menyala tanpa pengawasan, cabut regulator dari tabung gas ketika meninggalkan rumah,” jelasnya.

Lalu juga awasi juga penggunaan lilin dan lampu teplok saat pemadaman listrik dan pastikan kembali kondisi rumah aman sebelum ditinggalkan.

“Keluarga besar BPBD Kabupaten Balangan mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadan, semoga kita semua diberikan kesehatan, kekuatan dan tambahan iman, sehingga dapat melaksanakan ibadah puasa Ramadhan sebulan dengan baik, serta terhindar dari musibah kebakaran dan lainnya,” tambahnya.(jejakrekam)

Penulis InfoPublik.id
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.