Kaji Banding Pengelolaan Konten Publikasi, Setwan Kalsel Sambangi DPRD Jatim

0

UNTUK meningkatkan pelayan dan kemitraan, khususnya bidang kehumasan, Sekretariat DPRD Kalsel melakukan studi komparasi ke Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Timur, Senin (4/3/2024).

ROMBONGAN dipimpinan Kabag Persidangan, Hukum, AKD dan Layanan Aspirasi Sekretariat DPRD Kalsel, M Andri Yuzhar, didampingi Kasubag Protokol dan Kehumasan, Addy Prasetya Radam, serta puluhan awak media yang tergabung di DPRD Kalsel yang juga diikut sertakan.

Rombongan diterima Kabag Persidangan Perundang- undangan Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Timur (Jatim), Syamsir Aulia Rahman beserta jajaran, dan juga sejumlah Pokja wartawan DPRD Jatim.

BACA : Dongkrak Citra Wakil Rakyat, DPRD Kalsel Ingin Terapkan Program Adi Karya Parlemen

Dalam pertemuan itu, Kabag Persidangan DPRD Kalsel, M Andri Yuzhar mengatakan, tujuannya untuk mengali perbandingan guna optimalisasi bidang kehumasan dan kemitraan bersama media massa yang ada di DPRD Kalsel.

Karena, lanjut dia kerjasama bidang kehumasan bersentuhan langsung dengan aktivitas dan aktualisasi pimpinan dan anggota dewan dalam penyebaran informasi dan pemberitaan ke publik.

“Kami ingin menggali dan mencari perbandingan kiat apa saja yang selama ini sudah di terapkan sekretariat Jatim,” kata M Andri.

Andri mengatakan banyak hal yang mereka dapatkan salah satunya terkait konten podcast yang dampaknya bagi DPRD Jatim sangat positif, mampu mempererat hubungan legislatif dan eksekutif dalam hal mencari solusi terkait isu-isu aktual di masyarakat.

“Tadi ada program podcast yang di tempat kita masih belum ada. Insya Allah hal-hal yang baik menjadi inovasi dari Sekretariat DPRD Jatim akan kita selaraskan dan laporkan kepada pimpinan untuk kita impelementsikan di Kalsel,” jelasnya.

BACA JUGA : Pahami Kerja Wartawan, Kabiro Pemberitaan Setjen DPR RI : Kami Tak Anti Kritik Asal Sesuai Fakta

Kabag Persidangan DPRD Jatim, Syamsir Aulia Rahman, mengatakan apresiasi atas kehadiran rombongan dari Lambung Mangkurat ini.

Dalam mendukung tugas fungsi serta melayani dan menfasilitasi 120 anggota dewan mereka, khususnya pengelolaan informasi dan pemberitaan pihaknya juga bekerjasama dengan media massa resmi yang tergabung dalam kelompok kerja (pokja) wartawan di DPRD Jatim, yang setiap harinya bertugas di presroom.

“Selama ini kami kerjasama dengan 19 media massa resmi yang tergabung dalam pokja. Tapi banyak juga media massa diluar pokja yang meliput pemberita disini,” terang Syamsir Aulia.

BACA LAGI :  Bertukar Informasi Dan Pengalaman, Setwan Kalsel Sambangi DPRD Kalteng

Sementara, Kasubag Humas dan Keprotokolan DPRD Jawa Timur, Ali mengatakan pihaknya melayani 5 unsur pimpinan dan 120 anggota dewannya.

Untuk kerjasama pemberitaan media massa khususnya kepada pokja, diberi jatah berita advetorial dua bulan sekali, di luar berita-berita lain diseputar di DPRD Jatim.

Selain bentuk berita, sekretariat juga memfasilitasi ruangan sarana dan perangkat lengkap untuk podcast, yang selama ini digunakan para anggota dewan untuk beraktualisasi yang juga dikerjasamakan dengan wartawan pokja setempat.

“Jadi teman-teman pokja disini diberikan advetorial dalam 1 bulan 2 kali tayang,” jelas Ali.

Ketua Pokja DPRD Jawa Timur Rico Abdiano menambahkan, keanggotaan media massa resmi tergabung dalam pokja sebanyak 19 orang dari berbagai media. Namun yang antri ingin masuk pokja ada sekitar 50 media massa.

Pokja, lanjut dia, memiliki AD/ART yang berfungsi untuk mengatur kepengurusan dan keanggotaan pokja.

Terkait pemanfaat podcast, selama ini telah dimanfaatkan untuk membantu anggota dewan beraktualisasi dan berekspresi, selain pemberitaan lainnya.(jejakrekam)

Penulis Ipik G
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.