Mengingat Akan Suasana Haul Sekumpul, Ratusan Ribu Jamaah Padati Haul Guru Zuhdi Ke-4

0

TUMPAH ruah, diperkirakan ratusan ribu jamaah menghadiri Haul ke-4 KH Ahmad Zuhdianoor, atau akrab dikenal Guru Zuhdi, Kamis (7/3/2024) malam.

DI berbagai sudut, sekitar kawasan Kelurahan Pasar Lama, Kecamatan Banjarmasin Tengah, kemudian Kelurahan Antasan Kecil Timur, Sungai Jingah dan Surgi Mufti, Kecamatan Banjarmasin Utara, nampak dipenuhi oleh jamaah yang hadir.

Mulai dari di tengah jalan raya, atas jembatan, bawah kolong, hingga gang-gang kecil dan bahkan sampai di dalam rumah warga, jamaah turut larut dalam lantunan doa-doa.

BACA: Puluhan Ribuan Jamaah Haul KH Ahmad Zuhdiannoor Padati Kawasan 3 Kelurahan di Banjarmasin

Jamaah yang hadir pun tidak perlu merisaukan masalah makan dan minum. Setiap jalan yang dilewati, ada saja posko-posko relawan yang membagikan nasi bungkus, snack, hingga air minum.

Menurut penuturan salah seorang relawan yang berjaga di zona 1 (di kawasan sekitar Masjid Jami Sungai Jingah), para jamaah sudah mulai berdatangan sedari pukul 14.00 WITA, siang tadi.

“Kami pun, sudah mulai berjaga mulai jam 12.00 siang tadi,” ucap Rudi Setiawan, anggota Pancar Rescue Banjarmasin.

Dilanjutkannya, pada jam 16.00 WITA, jalan akses masuk di sekitar kawasan Jembatan Sulawesi sudah mulai ditutup. Ini karena jumlah jamaah yang mulai membludak dan padat, sehingga tidak bisa lagi untuk dilalui.

BACA JUGA: Sampah Diperkirakan Capai 6 Ton, DLH Banjarmasin Pastikan Kawasan Haul Guru Zuhdi Tetap Bersih

Untuk dari tim relawan sendiri, Rudi mengungkapkan ada sekitar 70 relawan yang diturunkan. Termasuk dirinya. “Kami juga menyiagakan 1 unit mobil ambulan dan 1 unit mobil tanki pemadam,” tandasnya.

Salah seorang jamaah yang berhadir pada haul ke-4 Guru Zuhdi, Said Ali menuturkan, bahwa haul yang dihadirinya tahun ini nampak berbeda.

Dirinya yang setiap tahun mengikuti haul mengatakan, untuk acara yang diadakan tahun ini terasa lebih ramai dan padat dari tahun sebelumnya. “Suasananya pun, mengingatkan saya pada gelaran Haul Abah Guru Sekumpul,” ucapnya.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.