Sampah Diperkirakan Capai 6 Ton, DLH Banjarmasin Pastikan Kawasan Haul Guru Zuhdi Tetap Bersih

0

DINAS Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin, memprediksi jumlah sampah selama perhelatan Haul Guru Zuhdi ke-4, di kawasan Antasan Kecil Timur dan sekitarnya, mencapai 6 ton.

KEPALA Bidang Kebersihan dan Pengelolaan Sampah DLH Kota Banjarmasin, Marzuki menuturkan, DLH Kota Banjarmasin akan menurunkan setidaknya puluhan petugas bersih-bersih, saat dan pasca haul, yang puncaknya pada pada Kamis (7/3/2024) malam.

“Dalam rangka menjaga kenyamanan dan kebersihan, kita akan support. Kita pun akan menurunkan sekitar 40 orang relawan yang akan langsung bertugas di lokasi,” ucap Marzuki, saat ditemui di kantornya, Kamis (7/3/2024).

Diungkapkan Jack, sapaan akrabnya, para petugas yang diturunkan itu, akan disiagakan baik sedari awal acara dimulai hingga acara selesai.

BACA: Haul Abah Haji Ke-4, Pemkot Banjarmasin Akan Berikan Sejumlah Dukungan

Untuk sarana angkutan penunjang sendiri, pihaknya akan menurunkan truk sampah, pickup, dan tosa. “Sebenarnya ini sudah terpola, sebab dari tahun-tahun sebelumnya kita selalu turun tangan,” ungkapnya.

Dikatakannya pula, meskipun tidak diminta, menjaga kebersihan lingkungan sudah menjadi tanggung jawab Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin. “Karena memang kita juga jadi tuan rumah. Jangakan haul di sini, haul di lain pun kita bantu,” ujarnya.

Dari pengalaman tahun sebelumnya, Jack menuturkan dalam sekali acara dalam satu hari, produksi sampah bisa mencapai 3 truk sampah. “3 truk dikali 2 ton per truk, jadi 6 ton lah. Dan itu didominasi sampah plastik kemasan,” bebernya.

Dilanjutkannya, di luar 40 orang yang pihaknya terjunkan dari DLH Banjarmasin. Kemungkinan juga akan ada ratusan relawan lainnya yang akan membantu dalam menjaga kebersihan selama pelaksanaan haul. “Kalau dengan tambahan relawan dari masyarakat, kita yakin itu pasti lebih dari seratus,” tutupnya.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.