Peringati Hari Gizi Nasional, Capaian Penuntasan Stunting Di Banjarmasin Memuaskan

0

WALIKOTA Banjarmasin, H Ibnu Sina didampingi Ketua TP PKK Kota Banjarmasin, Hj Siti Wasilah menghadiri peringatan Hari Gizi Nasional, Selasa (20/2/2024).

DIPERINGATI di Kawasan Wisata Bromo, Mantuil, dengan tema MP-ASI Kaya Protein Hewani Cegah Stunting, Ibnu menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam upaya percepatan penurunan angka stunting di Kota Banjarmasin.

“Dengan upaya bersama, angka stunting berhasil diturunkan melalui berbagai intervensi dan kolaborasi yang dilakukan oleh tim percepatan penurunan stunting,” ucap Ibnu Sina.

“Setidaknya sebanyak 426 orang telah berhasil keluar dari status stunting, yang mendapat penghargaan berupa medali sebagai simbol pencapaian yang luar biasa,” sambungnya.

BACA: Angka Stunting Banjarmasin Masih 24 Persen, Dari Target Capaian 14 Persen

Ia juga memberikan apresiasi khusus kepada Kelurahan Mantuil yang berhasil menurunkan angka stunting, dengan praktek baik intervensinya yang melibatkan kolaborasi multi pihak. “Ini menjadi contoh bagi kelurahan dan kecamatan lainnya untuk meniru langkah yang berhasil dilakukan,” ujarnya.

Ibnu pun menekankan pentingnya mengatasi stunting, karena dampaknya yang serius terhadap fisik dan perkembangan otak anak.

Ia pun optimis, bahwa dengan upaya bersama anak-anak yang dulunya stunting, bisa tumbuh menjadi pemimpin masa depan yang sukses.

Orang nomor satu di Banjarmasin ini turut menyampaikan pesan dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional 2024, dengan menekankan pentingnya pemberian ASI berkualitas kaya akan protein hewani sebagai langkah dalam mencegah stunting.

BACA JUGA: Kejar Target Angka Stunting Ke 14 Persen, Pemkot Banjarmasin Fasilitasi Petugas Penyuluh

“Dengan semangat dan kolaborasi yang terus digenjot, saya berharap bahwa pada Tahun 2024, angka stunting di Kota Banjarmasin bisa ditekan hingga nol,” harapnya.

“Semua ini sebagai wujud komitmen untuk mengentaskan stunting dari Bumi Kalimantan Selatan, sehingga tidak ada lagi anak-anak Banjarmasin yang tumbuh dengan kondisi stunting,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Banjarmasin, Siti Wasilah menyampaikan, bagaimana cara ibu ataupun bapak harus bisa memanfaatkan sumber daya makanan yang melimpah di kota Banjarmasin, salah satunya melimpahnya ikan.

“Kita semua harus bisa memanfaatkan sumber yang melimpah ini, karena kota kita ini dikenal seribu sungai. Harusnya sumber daya ikan tidak akan habis,” ucap Hj Siti Wasilah.

BACA LAGI: Target Angka Stunting Turun 17 Persen di Tahun 2024, Kader KB di Banjarmasin Dilatih Pendataan

Ia jua meminta kepada seluruh stakeholder terkait untuk menjalankan perwali. “Mudah mudahan apa yang menjadi amanat pak Wali melalui perwali beberapa waktu yang lalu untuk mewujudkan 7 kelurahan Zero stunting di Tahun 2024 ini, bisa segera terwujud dan 46 kelurahan lainnya juga bisa kita upayakan bersama sama,” tutupnya.

Di sisi lain, Kepala Dinkes Kota Banjarmasin, dr Tabiun Huda menyebutkan, dari hasil 8 intervensi yang dilakukan pemerintah kota telah berhasil menekan angka stunting di Banjarmasin.

“Dari hasil intervensi berbagai pihak, update status gizi balita stunting Tahun 2023 yang berjumlah 1283 orang berdasarkan hasil pengukuran bulan Januari 2024 ada sekitar 426 orang anak lulus stunting, kemudian ada 72 yang sudah lewat umurnya usia 59 bulan,” sebutnya.

“Diharapkan rangkaian kegiatan peringatan Hari Gizi Nasional ke 64 berharap kita semua untuk terus berperan aktif menggaungkan makanan pendamping ASI untuk anak usia 6 sampai 23 bulan. Mari kayuh baimbai kita cegah dan turunkan stunting untuk generasi emas kita dan tercapainya target EPJRN 2020 2024 untuk percepatan penurunan Stunting menjadi 14 persen,” tutupnya.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.