Pelatihan Penyelamatan Digelar Damkar Tanbu-Jhonlin Rescue

0

MENINGKATKAN kemampuan anggota Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Tanah Bumbu (Tanbu), digelar pelatihan penyelamatan dari ketinggian.

KERJASAMA Damkar Tanbu dengan Jhonlin Rescue tersebut, berlangsung dan dibuka secara resmi di Posko Damkar Simpang Empat pada Sabtu (17/2/2024).

BACA JUGA: Bupati Zairullah Imbau Masyarakat Datang ke TPS

Kepala Satpol PP dan Damkar Tanbu, Syaikul Ansyari, mengatakan, pentingnya pelatihan menghadapi kemungkinan bencana, terutama di daerah dengan banyak bangunan bertingkat seperti di Tanbu.

‘Dengan pelatihan ini, petugas Damkar akan lebih siap dalam melakukan penyelamatan warga jika terjadi keadaan darurat, seperti kebakaran,’ ujarnya.

Dalam pelatihan ini, PT Jhonlin Group melalui Jhonlin Rescue berperan sebagai narasumber.

BACA JUGA: Agar Anak Tumbuh Sehat, Bupati Zairullah Ajak Budayakan B2SA

Kabid Damkar, Siti Aisyah, menyebutkan, peserta pelatihan terdiri 12 orang dari 6 Posko Damkar di Tanbu, dengan masing-masing posko mengirimkan 2 peserta.

‘Peserta pelatihan diharapkan dapat menjadi instruktur bagi petugas Damkar di posko masing-masing setelah menyelesaikan pelatihan,’ ujarnya.

BACA JUGA: Bupati Zairullah Imbau Masyarakat Datang ke TPS

Pelatihan selama 2 hari, yakni 17-18 Februari 2024. Materi meliputi teori, tanya jawab, serta praktek penggunaan alat penyelamatan.

Rahmatullah dari Jhonlin Rescue menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut.

BACA JUGA: Agar Anak Tumbuh Sehat, Bupati Zairullah Ajak Budayakan B2SA

Pelatihan ini bertujuan membagikan pengetahuan mengenai penyelamatan dari ketinggian, sehingga semakin banyak orang yang mampu melakukan penyelamatan dalam situasi darurat,’ tutur Rahmat.

Dalam sesi praktek lapangan, petugas dilatih untuk menyelamatkan warga dari ketinggian 17 meter, mengingat banyaknya bangunan bertingkat di Batulicin, Tanbu. (jejakrekam)

Penulis Asyikin/Diskominfo
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.