Rekrutmen Anggota Baru AJI Balikpapan Biro Banjarmasin

0

ALIANSI Jurnalis Independen (AJI) lahir untuk memperjuangkan kemerdekaan pers, meningkatkan profesionalisme, mewujudkan kesejahteraan jurnalis.

UNTUK merealisasikan cita-cita tersebut, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Balikpapapn Biro Banjarmasin membuka rekrutmen atau penerimaan anggota baru di tahun ini. Proses pendaftarannya dilaksanakan pada 11 Februari hingga 11 Maret 2024.

Sekretaris AJI Baikpapan Biro Banjarmasin, Dony Muslim menjelaskan, proses pendaftaran dan rekrutmen akan melewati beberapa tahapan.

BACA: Gelar Rekrutmen Terbuka, AJI Biro Banjarmasin Jaring Belasan Jurnalis dari Beragam Media

Disampaikannya, syarat yang harus diperhatikan untuk calon anggota, yakni warga negara Indonesia, dan melakukan kegiatan jurnalistik. Dapat menyerahkan 3 karya jurnalistiknya yang tayang dalam kurun waktu setahun terakhir, dan dipublikasikan di media massa.

“Bagi kalangan jurnalis warga dan jurnalis mahasiswa, setidaknya menunjukkan 12 karya jurnalistik yang juga dipublikasikan di media massa, dalam setahun terakhir,” tuturnya.

Dilanjutkan Dony, syarat lainnya adalah bukan anggota organisasi profesi sejenis yang menjadi konstituen Dewan Pers. Terakhir, calon anggota mengikuti prosedur rekrutmen anggota AJI.

“Pendaftaran terbuka untuk reporter, pewarta foto, video jurnalis, juru kamera, redaktur/editor kuartor berita, produser siaran berita, editor foto berita, editor video berita, periset berita, kolumnis, ilustrator berita, karikaturis, perancang grafis berita, pengecek fakta, penulis cuplikan berita televisi dan jejaring sosial, pembaca berita televisi dan radio, jurnalis warga, dan jurnalis mahasiswa,” bebernya.

BACA JUGA: Diskusi AJI Balikpapan Biro Banjarmasin, Isu KBGO Ancam Jurnalis Perempuan

Sementara itu, anggota Divisi Organisasi AJI Balikpapan Biro Banjarmasin, Arpawi mengatakan, proses rekrutmen anggota juga akan diisi dengan pembekalan.

“Pembekalan seputar materi sejaran dan peraturan organisasi, kode etik jurnalistik, pedoman pemberitaan media siber, aturan terkait ketenagakerjaan, serta diskusi,” ucapnya.

Calon pendaftar dapat mengunjungi akun instagram di @ajibalikpapanbirobanjarmasin. “Untuk keterangan informasi lainnya, bisa menghubungi narahubung kami saudara Husaini di 085340616480,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis ahmad riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.