Musrenbang 2024, Camat Tanta Usulkan Bangun Jalan di Sejumlah Desa

0

MUSYAWARAH Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan dalam Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2025 dimulai.

MUSRENBANG 2024 kali ini dimulai di Kecamatan Tanta, yang berlangsung di Taman Menanti Laburan, Desa Padang Panjang, Kecamatan Tanta, Kabupaten Tabalong, Senin (22/1/2024).

Rumusan musyawarah lebih memproritaskan pembangunan infrastruktur jalan di sejumlah desa-desa di Kecamatan Tanta. “Yang masuk ada 263 usulan, itu terbanyak 90 usulan untuk Dinas PUPR. Jadi 34 persen ke Dinas PUPR,” ungkap Camat Tanta, Ady Fajar.

BACA: Percepatan Pembangunan Di 2024, Pemkab Tabalong Akan Jalankan 5 Program Prioritas

Sedangkan usulan lainnya ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) dan Dinas Ketahanan Pangan Perikanan Tanaman Pangan dan Hortiklultura (DKPPTPH) Tabalong.

Terkait usulan prioritas infrastruktur jalan ada beberapa titik, yakni di Desa Puain Kanan yang kondisinya sulit diakses warga karena longsor akibat erosi sungai.

Sehingga warga setempat berharap dari pemerintah daerah dibuat alternatif jalan baru yang menghubungkan ke desa lain di Tanta.

“Memang aparat desa kami arahkan untuk mencari lahan untuk membuat jalan baru karena kondisi jalan yang tidak memungkinkan untuk dilalui,” jelas Ady.

BACA JUGA: Antisipasi Bencana, Pemkab Tabalong Perluas Lahan Relokasi Warga Terdampak

Titik kedua di Desa Tamiyang, untuk dilakukan pengerasan jalan atau pengaspalan, karena sebelumnya warga secara gotong royong melakukan pelebaran jalan.

“Secara gotong royong jalan dilebarkan dan diperkeras, berkat bantuan pengusaha setempat. Barangkali ini perlu pengerasan aspal,” lanjutnya.

Kemudian, prioritas infrastruktur di Jalan Haus, Desa Warukin sampai menuju ke arah hauling untuk juga dilaksanakan pengaspalan.

“Pulau Ku’u sudah dilakukan pelebaran jalan, tetapi belum selesai juga, mudah-mudahan usulan ini kita asistensi hari ini dan mana saja jadi prioritas,” ujarnya.

BACA LAGI: Tawarkan 5 Desain, Pemkab Tabalong Berencana Bangun Gedung TCC di Kawasan Jalan Nan Sarunai

Sementara Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani mengatakan, bahwa Tanta ini mempunyai peran penting sebagai interline Tabalong.

“Jadi kemajuan-kemajuan di pusat kota merembes ke Kecamatan Tanta, Tanjung dan Mabu’un,” katanya.

Menurut Anang, simbol keberhasilan pembangunan tidak mesti harus menggunakan anggaran miliaran, namun terlihat hasilnya. “Ketika kita bangun, selesai, nuansa kotanya terlihat,” ujarnya.(jejakrekam)

Penulis hery
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.