Gelar Aksi Bersih-Bersih, Ratusan Kantong Sampah Terkumpul Di Jalan A Yani

0

RATUSAN petugas dan ASN dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melakukan aksi bersih-bersih sampah di sepanjang jalan protokol.

PETUGAS membersihkan jalan A Yani mulai dari kilometer 4 Banjarmasin sampai kilometer 17 Kabupaten Banjar, yang merupakan bagian dari Program Merdeka Sampah untuk mengajak pemerintah kabupaten/kota semakin peduli terhadap lingkungan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel Hanifah Dwi Nirwana mengatakan, setiap titik lokasi, setidaknya ada 4 hingga 6 SKPD yang bertanggung jawab membersihkan sampah plastik. “Setiap SKPD menerjunkan 25 hingga 30 ASN-nya, selama kegiatan berlangsung,” ujarnya, pada Jumat (19/1/2024).

BACA: Paman Birin Kick Off Program Merdeka Sampah

“Aksi ini juga sebagai trigger untuk kabupaten/kota, agar dapat menggelar kegiatan yang sama. Sekaligus membangun kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya,” tambah Hanifah.

Kurang lebih 2 jam aksi kebersihan, setidaknya sebanyak 225 kantong atau total 4,39 ton sampah, berhasil dikumpulkan. Sampah yang didominasi plastik tersebut, dikirim ke TPA Regional Banjarbakula, TPA Cahaya Kencana Kabupaten Banjar, dan TPA Basirih Banjarmasin.

“Kita juga bekerjasama dengan Pemkot Banjarmasin, dan Pemkab Banjar untuk pengangkutan sampah di wilayahnya masing-masing,” katanya.

Selain ratusan ASN lingkup Pemerintah Provinsi Kalsel, aksi bersih-bersih ini juga melibatkan para petugas kebersihan Kota Banjarmasin dan Kabupaten Banjar, serta unsur TNI. Termasuk masyarakat sekitar, yang ikut tergerak membantu kegiatan bersih-bersih ini.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.