Paman Birin Kick Off Program Merdeka Sampah

0

GUBERNUR Kalsel H Sahbirin Noor atau yang akrab disapa Paman Birin, memimpin secara resmi kick off Program Merdeka Sampah di sepanjang jalan protokol jalan menuju ibukota Provinsi Kalsel.

KICK OFF Program Merdeka Sampah yang dirangkai dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun 2022 diselenggarakan di halaman kantor Satpas Ditlantas Polda Kalsel, Jumat (27/5/2022).

Dikatakan Paman Birin, momentum Hari Kebangkitan Nasional dapat membangkitkan semangat dan kepedulian, akan pentingnya lingkungan yang sehat, bersih, serta sebagai upaya bersama, untuk mengubah paradigma masyarakat, terkhusus para pengguna jalan protokol, agar tidak membuang sampah sembarangan.

BACA: Sosok Supiyatun di Pelambuan, Perempuan Pejuang Sampah dari Seberang

Kick off Program Merdeka Sampah jalan protokol menuju ibu kota provinsi Kalimantan Selatan, yang ditandai dengan aksi bersih-bersih sampah dan penanaman pohon, adalah aksi nyata untuk menjaga lingkungan,” ujarnya.

Lebih lanjut Paman Birin mengatakan, sekecil apapun perubahan, dampaknya akan begitu besar di masa yang akan datang. Pohon yang ditanam, maka akan menambah produksi oksigen, yang dapat dinikmati setiap orang.

“Mari kita dukung dan sukseskan acara program merdeka sampah ini dengan membiasakan menanam pohon dan bersih-bersih lingkungan disekitar kita,” ajaknya.

Paman Birin berharap, program merdeka sampah ini, mampu menggerakkan dan merubah perilaku masyarakat dengan penuh kesadaran, agar berperan aktif dalam penanaman pohon dan memelihara kebersihan di lingkungannya masing-masing.

BACA JUGA: Usung Peduli Sampah, Komunitas PPLH Kalsel Resmi Dideklarasikan

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel Hanifah Dwi Nirwana dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh berbagai elemen masyarakat, mulai dari jajaran TNI, Polri, ASN Pemprov Kalsel, serta jajaran DLH dari Kabupaten Banjar, DLH Kota Banjarbaru, dan DLH Kota Banjarmasin.

Program merdeka sampah yang membersihakan sampah di sepanjang jalan protokol menuju ibu kota provinsi Kalimantan Selatan, juga diikuti oleh pelajar, dan berbagai organisasi kemasyarakatan.

Terpantau sejak dari Jalan A Yani Km 7 sampai Km 17 Kecamatan Gambut, gabungan dari lintas SKPD dan organisasi memungut sampah-sampah yang ada di sepanjang jalan protokol Jalan Ahmad Yani.

Selain itu, bersih-bersih sampah juga dilakukan di sepanjang Jalan Gubernur Soebarjo sampai Pelabuhan Trisakti.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.