Porsi PPPK Lebih Besar, Tahun Ini Pemkab Tabalong Usulkan 900 Formasi ASN

0

PEMERINTAH Kabupaten Tabalong usulkan 900 formasi untuk Calon Aparatur Sipil Negara (CASN).

JUMLAH tersebut akan terbagi menjadi dua bagian, yakni untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Tabalong, H Rusmadi mengatakan, porsi untuk PPPK Tahun 2024 ini cukup besar dibanding dengan PNS. “Untuk PNS hanya kebagian 90 formasi, sedangkan PPPK 810 formasi,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (11/1/2024).

BACA: Hapus Honorer di November 2023, Pemkab Tabalong Usulkan 246 Orang Jadi ASN PPPK

Jumlah formasi yang diusulkan tersebut merupakan hasil rapat dengan dipimpin Sekda Tabalong Hj Hamida Munawarah, yang hasilnya mengusulkan 900 formasi untuk CASN Tabalong. “Itu hasil perhitungan berdasarkan kemampuan keuangan daerah dan hasil verifikasi BPKAD,” bebernya.

Dari 900 formasi yang diusulkan tersebut, pihaknya belum merincikan jabatan apa saja yang diusulkan. “Untuk PPPK akan menyesuaikan pada jabatan dan pendidikan tenaga non ASN yang ada di masing-masing SKPD. Sedangkan untuk CPNS, kami akan menyesuaikan kebutuhan dan usulan SKPD,” ucapnya.

PPPK sendiri dari 810 formasi, akan mengakomodir tenaga non ASN yang masuk data base BKN.

Rusmadi menilai, jumlah formasi yang diusulkan ini sebenarnya masih kurang dari tenaga yang ada. “Dalam pengadaan pegawai harus menyesuaikan kemampuan keuangan daerah, terutama untuk belanja pegawai yang tidak boleh melebihi dari 30 persen nilai APBD,” ucapnya.

BACA JUGA: Wabup Tabalong Ucapkan Salam Perpisahan, Ingatkan ASN Bekerja Jujur dan Ikhlas

Kabid Pengadaan, Pemberhentian dan Peningkatan Kapasitas ASN (P3KA) Vera mengatakan, proses pengadaan ASN Tahun 2024 ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. “Hasil rapat dengan Menpan-RB dan BKN, bahwa pendaftarannya dibagi tiga periode,” ujarnya.

“Periode pertama dari bulan April, Mei dan Juni yang dikhususkan untuk teman-teman CPNS serta sekolah kedinasan. Periode kedua (Juli-Agustus-September) dan ketiga (Oktober-November-Desember) untuk formasi PPPK,” sambungnya.

Vera mengatakan, dengan adanya pengadaan ini fresh graduate yang belum punya pengalaman kerja punya kesempatan ikut seleksi CPNS. “Vera mengingatkan, “Untuk teman-teman non ASN, harus menyiapkan administrasi dengan lebih teliti, karena tingkat ketidaklulusan administrasi masih tinggi,” tambahnya.(jejakrekam)

Penulis Herry
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.