Fisik Sudah Selesai, Puskesmas Pemurus Dalam Dan Pelambuan Tunggu Diresmikan

0

SUDAH siap beroperasi setelah dibangun sejak Agustus 2023 yang lalu, dua buah puskesmas yang direhab total oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Banjarmasin, kini tinggal menunggu diresmikan.

DUA fasilitas kesehatan tersebut yakni Puskesmas Pelambuan dan Puskesmas Pemurus Dalam. Dengan total anggaran yang digelontorkan sampai Rp 10 miliar lebih.

Dikatakan oleh Kepala Dinkes Kota Banjarmasin Tabiun Huda, untuk rehab Puskesmas Pelambuan sebesar Rp 5,6 miliar, sedangkan rehab di Puskesmas Pemurus Dalam sebesar Rp 5,3 miliar. “Saat ini pengerjaan fisik di dua Puskesmas itu telah rampung sepenuhnya. Tingga menunggu realisasi keuangan saja lagi,” ucapnya, Jumat (5/1/2023).

BACA: Dinas Kesehatan Banjarmasin Tahun Ini Targetkan Dua Puskesmas Baru

Terkait target kapan pengoperasian dua puskesmas ini, Tabiun Huda mengatakan saat ini juga masih menunggu pemberitahuan dari pihak penyedia. “Namun kita targetkan, in syaa Allah kalau tidak di Januari atau Februari nanti,” ungkapnya.

Sedangkan untuk kesiapan peralatan dan tenaga kesehatan (nakes) sendiri. Ia menjamin semuanya telah tersedia dan siap. “Kita masih akan memakai peralatan yang terdahulu. Sama halnya untuk nakes,” tuturnya.

“Namun, kemungkinan akan ada penambahan alat baru. Untuk peremajaan dan menggantikan alat yang rusak misalnya,” tambahnya.

Saat beroperasi nanti, kedua puskesmas ini juga akan menerima permintaan USG untuk ibu hamil. “Para nakes yang ada sudah kita berikan pelatihan dan akan diberikan alat untuk menunjang itu,” tutupnya.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.