Kadis PMPTSP Kalsel Tunggu SK Mendagri Dilantik Jadi Penjabat Bupati Tabalong

0

PEMERINTAH Provinsi Kalimantan Selatan masih menunggu Surat Keputusan (SK) dari Menteri Dalam Negeri, tentang penunjukan Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Tabalong yang akan habis masa jabatan pada 31 Desember 2023.

PEMPROV Kalsel sudah mengirimkan surat ke Kemendagri tentang penunjukan Pj Bupati Tabalong. Sekarang kita masih menunggu,” kata Plt Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Kalsel Muhammad Fitri Hernadi, kepada jejakrekam.com, Selasa (26/12/2023)

Muhammad Fitri Hernadi mengatakan, masih tersisa waktu sekitar beberapa hari ke depan untuk menunggu SK Mendagri, yang akan dijadikan dasar bagi pelantikan penjabat tersebut.

BACA: Tabligh Akbar Semarak Harjad Ke-58 Kabupaten Tabalong, Bupati Tabalong Sampaikan Terima Kasih

Jika SK Mendagri terlambat diterima, maka pelantikan Pj Bupati Bupati Tabalong tidak bisa dilakukan pada 31 Desember 2023. Pemprov Kalsel akan menunjuk Pelaksana harian (Plh) bupati untuk melaksanakan tugas kepala daerah hingga Pj bupati dilantik.

Menurutnya, sesuai aturan dan mekanisme yang berlaku, surat Pemprov Kalsel ke Kemendagri itu juga memuat nama usulan Pj Bupati Tabalong dari Gubernur Kalsel dan DPRD Kabupaten Tabalong.

Gubernur Kalsel mengusulkan tiga nama yang bisa ditunjuk oleh Mendagri sebagai Pj Bupati Tabalong, sementara DPRD Kabupaten juga mengirimkan tiga usulan nama.

Disinggung enam nama yang diusulkan ke Mendagri, siapa yang berpeluang sebagai Pj Bupati Tabalong ?

Fitri yang juga Kepala Dinas Perhubungan Kalsel ini tidak memberikan jawaban. “Itu masih dirahasiakan,” ujarnya.

BACA JUGA: DPRD Tabalong Usul 3 Nama Calon Pj Bupati Tabalong, Di antaranya 2 Pejabat Teras Pemprov

Menurutnya, apabila surat keputusan tentang Pj Bupati Tabalong telah diterima, maka pihaknya akan segera mempersiapkan acara pelantikan. “Begitu ada surat keputusan, serahkan kepada gubernur, akan kita lantik, karena tugas berat sudah menanti,” ujarnya.

Namun, lanjut dia lagi, sampai saat ini dirinya belum mengetahui siapa yang akan mengemban amanah sebagai Pj Bupati Tabalong.

Informasi yang di dapat jejakrekam.com di lingkungan Pemprov Kalsel yang namanya tidak mau ditulis, menyebut yang ditunjuk Mendagri sebagai Pj Bupati Tabalong adalah Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Pemprov Kalsel yakni Endri.

Sekedar mengingat, bahwa masa jabatan Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani akan berakhir pada 31 Desember 2023, dan ini hanya hitungan saja akan berakhir.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.