Polda Kalsel Inisiasi Deklarasi Pemilu Damai 2024 Berjalan Kondusif

0

SEBAGAI upaya mendukung terciptanya pelaksanaan Pemilu 2024 yang aman dan kondusif di wilayah Kalimantan Selatan, Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan menggelar Deklarasi Pemilu Dalam Tahun 2024 dan Doa Bersama, Jumat (22/12/2023) di Hotel Rattan in Banjarmasin.

HADIR pada Deklarasi Damai ini, diantaranya Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Winarto, Danrem 101/Antasari, Ari Aryanto, Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar, Ketua Bawaslu Kalsel, Aries Mardiono, dan Komisioner KPU Provinsi Kalsel, Arif Mukhyar, serta tim pemenangan daerah Paslon Presiden dan Wakil Presiden. Termasuk para peserta pemilu 2024 di Kalsel.

Dalam kegiatan itu, seluruh peserta sepakat mengucapkan deklarasi tentang pemilu yang bersih, aman, damai, kondusif, dan berintegritas.

BACA : Khawatir Dikomersilkan, Data 3 Juta Pemilih Pemilu 2024 Di KPU Kalsel Ikut Dibobol

Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto mengatakan Polri bertanggung jawab menjaga kelangsungan dan netralitas penyelenggaraan pemilu Capres dan Cawapres maupun pileg 2024 dengan situasi aman, lancar dan kondusif khususnya di Kalsel.

“Kami tegaskan kepolisian siap bersikap netral, tidak berpihak kepada calon atau parpol manapun. Saya juga mengajak jangan ada perpecahan persatuan yang disebabkan berbeda pilihan,” ucapnya.

Kapolda membeberkan, saat ini situasi di Kalsel sangat dingin, sangat kondusif, masih sesuai dengan yang diharapkan. Dia berharap kegiatan ini benar-benar mampu menciptakan suasana yang kondusif di kalangan para pendukung maupun peserta pemilu.

BACA JUGA :  Terdata 58,38 Persen, Pemilih Milenial dan Generasi Z Dominasi DPT Pemilu 2024 Kalsel

“Kami akan pertahankan keadaan ini hingga berakhir semua tahapan pemilu 2024. Kami menghimbau kepada parpol untuk tetap taat dalam menyesuaikan peraturan yang berlaku,” tuturnya.

Sementara itu, Anggota Komisioner KPU Kalsel Arif Mukhyar memberikan apresiasinya dan mengucapkan terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Polda Kalsel atas terselenggaranya acara deklarasi damai tersebut. Menurutnya KPU sangat terbantu dalam menjalankan tahapan pemilu 2024 dengan aman dan lancar tanpa ada gangguan yang tidak diharapkan.

“Kami juga mengingatkan ikrar damai ini jangan hanya jadi slogan saja, namun bisa diterapkan dengan dukungan maksimal semua pihak dalam pelaksanaannya nanti,’ tegasnya.

BACA LAGI : Eks Ketua Timsel Bawaslu Kabupaten/Kota Berkilah Nama Masbukhin Tak Terdeteksi di Sipol

Mukhyar juga mengatakan, Polda Kalsel benar-benar telah mempersiapkan diri dalam Pemilu tahu 2024 mendatang yang waktunya sudah tidak lama lagi. Polda Kalsel juga terus memberikan dukungan dengan memberikan pengawalan dalam semua tahapan penyaluran logistik hingga sampai di Kabupaten Kota se-Kalsel.

“Saat ini KPU melaksanakan dua tahapan, pertama tahapan kampanye berjalan dengan damai, lancar khususnya di Kalsel. Kedua melakukan distribusi logistik secara bertahap sampai di Kabupaten Kota. Semoga semua logistik bisa sampai dengan lancar hingga hari pemilu 2024 mendatang,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.