Gali Bakat Anak SD, Yayasan Bina Harati Pama Gelar Festival Anak Hebat di Barito Utara dan Kapuas

0

YAYASAN Bina Harati Pama di bawah binaan PT Pama Persada Nusantara menggelar Festival Anak Hebat sebagai kegiatan penutup semester ganjil tahun anggaran 2023/2024.

BERBAGAI lomba antar sekolah binaan digelar Yayaan Bina Harati Pama di Kabupaten Barito Utara dan Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah.

Deputi Kepala Divisi Yayasan Bina Harati Pama, Soleh Ahmad Nugraha mengatakan Festival Anak Hebat bertujuan mengakomodir dan menggali minat dan bakat siswa (akademik dan non akademik).

“Melalui kegiatan ini juga diharapkan dapat menumbuhkan semangat pantang menyerah dan menumbuhkan jiwa berkompetisi siswa. Selain itu, Festival Anak Hebat juga merupakan ajang silaturahmi dan kolaborasi antarsekolah binaan,” kata Soleh Ahmad Nugraha dalam keterangannya, Selasa (12/12/2023). 

BACA : Respons Edaran Gubernur Kalteng, DPRD Minta Disdik Barito Utara Terbitkan Larangan Pungutan Sekolah

Menurut dia, lomba antar sekolah binaan Yayasan Bina Harati Pama ada beberapa cabang. Untuk kategori akademik, terdapat lomba cerdas cermat dan lomba eksperimen sains. Sedangkan untuk seni yakni lomba karungut, tari tradisonal, mendongeng dan menghias booth. Selain itu, ada juga permainan tradisional seperti lomba balogo dan  bagasing. 

“Kegiatan lomba ini didukung sejumlah perusahaan/entitas, seperti PT Pamapersada Nusantara, PT Suprabari Mapanindo Mineral, PT Asmin Bara Bronang, PT Telen Orbit Prima, PT Kalimantan Prima Persada, PT Energia Prima Nusantara, PT United Tractors dan Yayasan Pendidikan Astra Michael D Ruslim,” paparnya. 

BACA JUGA : Kunker ke Desa, Anggota DPRD Barito Utara Serap Usulan Perbaikan Fasilitas SDN 1 Payang

Peserta yang mengikuti kegiatan mencapai 500 siswa dan 100 guru pendamping dari 20 sekolah binaan. Di antaranya dari  SDN 1 Buhut Jaya, SDN 2 Buhut Jaya, SDN 1 Barunang, SDN 2 Barunang, SDS Sakakarangan, SDS Pendarawah, SDN 1 Batapah, SDN 1 Lemo 1, SDN 3 Lemo 1, SDN 1 Lemo 2, SDN 2 Lemo 2.

Kemudian, SDN 1 Paring Lahung, SDN 2 Paring Lahung, SMPN 3 Kapuas Tengah Satap, SMPN 4 Kapuas Tengah, SMPN 5 Timpah Satap, SMPN 4 Montallat, SMPN 4 Muara Teweh, SMA PGRI Tumpung Laung dan SMK Maharati. 

“Kegiatan ini dilaksanakan di dua lokasi berbeda. Untuk sekolah binaan area Kabupaten Kapuas dilaksanakan di SMPN 4 Kapuas Tengah (Desa Barunang) pada 28 November 2023.

BACA JUGA : Disdukcapil Barito Utara Terapkan Identitas Kependudukan Digital

Sedangkan untuk sekolah binaan area Kabupaten Barito Utara digelar di SMPN 4 Montallat (Desa Paring Lahung) pada 2 Desember 2023 lalu,” tutur Ahmad Soleh.

Sementara itu, Kepala Desa Paring Lahung Yudith Syahrial menyebut Festival Anak Hebat yang digelar Yayasan Bina Harati Pama ini sangat baik karena dapat membangkitkan jiwa berkompetisi siswa. 

“Semoga ini menjadi awal kemajuan pendidikan di daerah kita. Terima kasih juga sudah mempercayakan Desa Paring Lahung sebagai tuan rumah Festival Anak Hebat 2023,” kata Yudtih Syahrial.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.