Pantau Persiapan Pilkada Serentak, Komisi I DPRD Kalsel Monitoring KPU Kabupaten Tabalong

0

DALAM rangka menyukseskan pesta demokrasi di Kalsel Tahun 2024 mendatang, Komisi I DPRD lakukan monitoring ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tabalong, Jum’at (8/12/2023).

KETUA KPU Kabupaten Tabalong, Ardiansyah, menyampaikan pihaknya sudah mendapatkan “Lampu Hijau” dari Pemkab Tabalong terkait penganggaran. Ia juga mengatakan, ini bukti pemerintah dan para stakeholder sepakat bahwa penting untuk menyukseskan pesta demokrasi yang berlangsung setiap 5 (lima) tahun sekali ini sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Alhamdulillah sudah disetujui. dan pencairannya baru sebesar 40 persen dan untuk penggunaanya sendiri masih belum dapat digunakan karena dananya belum ada dan menunggu tahapan tahapan pemilu. Kemudian untuk porsi anggaran sebesar 65 persen untuk kegiatan Panitia Adhoc dan sisanya untuk kabupaten/kota,” tuturnya.

BACA : Anggaran Pilkada 2024 Disiapkan Rp 50 Miliar, Komisi I DPRD Kalsel Monitoring KPU HSS

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Komisi I Siti Noortita Ayu Febria Roosani mengatakan, kunjungan ke kantor KPU Tabalong tersebut terkait masa pencoblosan sudah mendekati pelaksanaan pada Februari 2024 dan pemilihan kepala daerah (pilkada) sekitar akhir 2024.

“Tabalong sudah sangat siap dan masalah anggaran sudah sharing dengan provinsi. Dari total anggaran, terserap 40 persen dan 60 persen pada saat pelaksanaannya,” ungkapnya.

Ditemui seusai rapat, Ibu Tatum sapaan akrabnya juga menambahkan bahwa pihaknya berupaya menjaga komitmen untuk mewujudkan Pemilu 2024 yang berkualitas. Sebab itu, ia ingin memastikan setiap hukum terkait penyelenggaraan pemilu yang berlaku diimplementasikan dengan sebaik-baiknya.

“Oleh karena itu, diperlukan kolaborasi dan sinergi oleh seluruh stakeholder untuk memastikan persiapan dan kesiapan pemilu ini agar dapat dilaksanakan dengan baik,” ucap Politisi Gerindra itu.(jejakrekam)

Penulis Humas DPRD Kalsel
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.