Keren, Kaur Bin Opsnal Sat Reskrim Ini Raih Doktor Predikat Summa Camlaude

0

PRESTASI membanggakan ditorehkan Kaur Bin Opsnal Sat Reskrim Polres Kotabaru. Ipda Kity Tokan meraih gelar Doktor (DR) ilmu hukum, dengan predikat Summa Cumlaude.

UJIAN disertasi yang diselenggarakan secara tertutup, di ruang kelas S3 Hukum, Gedung Pasca Sarjana Universitas Lambung Mangkurat itu, Jumat (17/11/2023).

“Judul Disertasi saya, Kebijakan Formulasi Hukum Pidana Dalam Perspektif Perlindungan Masyarakat Terhadap Praktek Pinjaman Online Tanpa Izin,” ujar Ipda Kity Tokan kepada jejakrekam.com, Kamis (7/12/2023).

Dia menyebutkan, tim penguji dalam ujian tersebut ada 8 orang. Terdiri dari 6 orang bergelar profesor dan 2 orang bergelar doktor.

BACA: Wakapolres Banjar Lulus Doktor Hukum Dengan Predikat Summa Cumlaude

Kity Tokan pun beralasan, kenapa dia membuat judul disertasi seperti itu. Bahwa dirinya pernah menangani perkara tersebut, dengan tersangka orang asing asal Tiongkok. “Kemudian saya menganalisis mengapa kejahatan pinajam online (pinjol) tersebut sering terjadi. Hal ini karena tidak ada pemidanaan pada pencegahan. Dan kebetulan perkara ini Polres Kotabaru mendapat penghargaan Rekor Muri sebagai Polres pertama di Indonesia yang menangani pinjol dengan tersangka orang asing asal Tiongkok,” ujarnya

Istimewanya, Ipda Kity Tokan dinobatkan sebagai doktor pertama di Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, sejak
dibuka Program Doktor (S3) di Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat (ULM) pada Tahun 2022 silam.

Ipda Kity Tokan Kelahiran Banjarmasin 11 April 1987 ini, memiliki riwayat pendidikan lulus SD Tahun 2000, SMP Tahun 2003, SMA Tahun 2006, S1 Tahun 2013 di STIH Sultan Adam Banjarmasin, S2 Tahun 2018 di Fakultas Hukum ULM.

Karier Suami dari Muti’ah Wahdah di kepolisian diawali sejak sejak Tahun 2007 dengan Pangkat Bripda, 2011 Briptu, 2015 Brigadir, 2019 Bripka dan 2020 Ipda. Sedangkan riwayat jabatan Kity Tokan selama menjadi anggota Polisi, Tahun 2012 sebagai Basat Reskrim Polres Kotabaru. Tahun 2019 sebagai PS Kanit Reskrim Polsek Pulau Laut, dan pada Tahun 2020 sebagai KBO Sat Reskrim Polres Kotabaru.

BACA JUGA: Lampaui Target 100 Profesor, 10 Dosen Fakultas Hukum ULM Segera Dikukuhkan Jadi Guru Besar

Atas pencapaian ini Kity Tokan menyampaikan ucapan sukurnya kepada Allah SWT, dan ucapan terimakasih yang tak terhingga kepada Kapolres Kotabaru AKBP DR Tri Suhartono, serta seluruh personel Polres Kotabaru yang telah mendukung sepenuhnya. “Alhamdulillah, terimakasih kepada semua yang selama ini telah membantu dan mendukung saya dalam capaian ini,” ujarnya.

Sementara itu salah satu tim penguji Prof Dr HM Hadin Muhjad mengucapkan selamat kepada Kity Tokan yang meraih Gelar Doktor (S3) pertama, sejak dibuka program S3 di Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin.

Guru Besar Fakultas Hukum ULM ini berharap, semoga mahasiswa lain juga menyusul seperti Kity Tokan menyelesaikan S3 di Universitas yang tertua di Kalimantan ini.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.