Ada 150 Jenis Perizinan, Walikota Ibnu Sina Bersyukur Impian Lama Miliki MPP Baiman Akhirnya Terwujud

0

MALL Pelayanan Publik (MPP) Baiman akhirnya resmi dibuka oleh Walikota Ibnu Sina untuk layanan publik di Mitra Plaza, Jalan Pangeran Antasari, Banjarmasin, Kamis (7/12/2023).

ADA 17 instansi baik vertikal maupun horizontal dari lingkungan Pemkot  Banjarmasin membuka gerai layanan publik di MPP Baiman. Impian terbangunya MPP merupakan program lawas usai Pemkot Banjarmasin mendapat surat berisi instruksi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) RI, pada 2019 silam.

Gedung Mitra Plaza karena berada di jantung kota yang selama ini dikelola PT Kharisma Inti Mitra (KIM) jadi pilihan, karena berdiri di atas lahan milik pemerintah kota. Meski sempat tercetus opsi dipindah ke Kantor Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banjarmasin di Jalan Sultan Adam.

BACA : Dibuka 7 Desember Nanti, 150 Gerai Layanan MPP Banjarmasin dari 17 Instansi Hadir di Mitra Plaza

Negosiasi ulang yang berbelit, akhirnya para Maret 2023, PT KIM mau meneken nota perjanjian kerja sama dengan durasi waktu gedung Mitra Plaza, izin hak guna bangunan (HGB) diperpanjang 30 tahun.

Saat soft lauching dan meninjau gerai layanan, Walikota Ibnu Sina mengaku bersyukur karena impian lama memiliki MPP Baiman sudah terwujud di eranya.

“MPP ini bisa melayani hingga 150 jenis perizinan. Saya berharap bisa memudahkan masyarakat berurusan semua aspek di satu tempat,” ucap mantan anggota DPRD Kalsel ini.

BACA JUGA : Sudah Tayang Di SiRUP, 26 Instansi Telah Nyatakan Siap Bergabung Di MPP Banjarmasin

Menurut Ibnu Sina, semua pelayanan juga terintegrasi dengan sistem online, sehingga layanan publik dari 17 instansi bergabung ke MPP Baiman itu bisa mudah dan cepat

“Saya harap masyarakat bisa memanfaatkannya dengan baik. Yang mau berurusan terkait KTP, perizinan, hukum, bahkan mau nikah, silakan datang ke MPP Baiman. Semua urusan bisa dilayani dengan baik,” kata Ibnu Sina, kompak dengan para pejabatnya mengenakan busana adat Banjar dalam peresmian MPP Baiman.

Ke depan, Walikota Banjarmasin dua periode ini berjanji akan menambah space agar makin banyak instansi yang bisa mengisi MPP Baiman yang dibangun menelan dana Rp 4,4 miliar dari APBD Banjarmasin tahun 2023.

BACA JUGA : Baru 5 Pemda Punya MPP, Pemprov Kalsel Wajibkan Pemkab-Pemkot Miliki Mall Pelayanan Publik

“Kantor Imigrasi belum ada. Nanti akan kita tambah space, biar kalau mau urus pasport juga bisa di sini. Kemudian seperti PLN dan pelabuhan, rencananya akan ditambah,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kota Banjarmasin Ari Yani memaparkan, pelayanan di MPP Baiman berlangsung tiap hari pada hari Senin-Jumat. Pada hari Senin-Kamis, pelayanan MPP Baiman buka dari jam 8.30-13.00 Wita. Sedangkan pada hari Jumat dari pukul 8.30-11.00 Wita.

Dengan adanya MPP Baiman, Ari Yani mengatakan pelayanan kepada masyarakat akan bisa lebih cepat dan mudah.”Selama persyaratan yang dibawa lengkap, kami berjanji akan melayani dengan cepat,” ujarnya.

BACA JUGA : Kinerja Pelayanan Publik Menurun, Pemkot Banjarmasin Dapat ‘Kartu Kuning’ Ombudsman

Selain sudah terintegrasi dengan sistem online, Ari berjanji akan memberikan pelayanan dengan prima. “Misalnya ada masyarakat yang tidak paham dengan sistem online, di sini nanti akan ada petugas kami yang membantu,” pungkas Ari Yani.

Adapun 17 instasi yang bergabung dan membuka layanan di MPP Baiman di Mitra Plaza:

  1. Badan Pendapatan, Keuangan, dan Aset Daerah (BPKPAD) Kota Banjarmasin,
  2. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin
  3. Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Banjarmasin
  4. Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Koperasi Kota Banjarmasin,
  5. Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banjarmasin
  6. PT Air Minum Bandarmasih
  7. Polresta Banjarmasin
  8. Kejari Banjarmasin
  9. Kantor Pertanahan Banjarmasin
  10. Kantor Kementerian Agama Banjarmasin
  11. BPJS Kesehatan Cabang Banjarmasin
  12. BPJS Ketenagakerjaan Cabang Banjarmasin
  13. Kanwil Ditjen Pajak Kalselteng
  14. Pengadilan Agama Banjarmasin
  15. Bank Kalsel
  16. Bapenda Provinsi Kalsel
  17. Layanan Sistem OSS.(jejakrekam)
Penulis Ferry Oktavian
Editor Siti Nurdianti

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.