5 Warga Diduga Penambang Emas Ilegal di Tahura Sultan Adam Diamankan Tim Gabungan

0

TIM gabungan dari Polsek Aranio, Unit Krimsus Satreskrim Polres Banjarmasin, Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Kalsel dan TNI turut ke lapangan.

MEREKA menggerebek dan mengamankan lima orang diduga penambang emas ilegal di kawasan Taman Hutan Rakyat (Tahura) Sultan Adam di Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar.

“Lebih tepatnya di lokasi Munggu Ayunan berada di daerah Sungai luar Desa Tiwingan Baru Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar,” ujar Kapolsek Aranio Ipda Cucu Ariawan melalui Kepala Seksi Humas Polres Banjar AKP H Suwarji kepada awak media di Martapura, Selasa (5/12/2023).

BACA : Berenang di Kolam Tahura Sultan Adam, Pelajar asal Pulang Pisau Tewas Tenggelam

Suwarji mengungkapkan giat penertiban dugaan penambangan emas secara ilegal tersebut dilakukan dalam kawasan Tahura Sultan Adam.

“Dari hasil penertiban, ditemukan bekas kegiatan penambangan emas oleh warga yang dilakukan secara manual dengan mengambil batu dari lubang bekas galian,” ujarnya.

Selain itu, beber Suwarji, pihaknya juga menemukan tenda yang terbuat dari terpal dalam keadaan kosong dan dilakukan tindakan pelepasan semua terpal, serta tenda darurat disekitar lokasi penambangan. “Didapati pula lima orang warga yang diduga mencari batu bahan emas di sekitar lokasi,” bebernya.

BACA JUGA : Wujudkan Jadi Geopark, Koleksi Rusa Tahura Sultan Adam Ditambah

Suwarji menjelaskan lagi, terdapat juga barang-barang yang diamankan berupa 7 buah mesin Alkon, 1 buah mesin genset, 12 buah sekop, 1 buah cangkul, 3 roll selang air, 2 buah blower angin dan 20 buah terpal.

“Kelima warga tersebut dibawa oleh tim gabungan ke pos Wisata Tahura Sultan Adam guna selanjutnya dibawa ke kantor Dishut Provinsi Kalsel untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut,” paparnya.

BACA JUGA : Pemprov Kalsel Restorasi Pesanggrahan Belanda di Tahura Sultan Adam

“Petugas pun melakukan imbauan dan pendekatan persuasif kepada warga yang ada di sekitar lokasi untuk tidak lagi melakukan kegiatan penambangan emas di kawasan Tahura Sultan Adam,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.