Raih 5 Penghargaan Pendidikan Sekaligus, Kadisdik HST: Sekarang PR Tingkatkan Kualitas Pembelajaran

0

RAKOR dan Apresiasi Merdeka Belajar untuk Pemda 2023 dihelat Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Kalimantan Selatan menjadi momen penting dunia pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

DINAS Pendidikan (Disdik) Kabupaten HST meraih 5 penghargaan sekaligus, dalam Anugerah BPMP Kalsel Award, yang merupakan apresiasi atas kolaborasi dan sinergitas Pemerintah Kabupaten/Kota dalam mendukung pemajuan mutu pendidikan di Kalimantan Selatan, khususnya terhadap implementasi program Merdeka Belajar, Sabtu (2/12/2023).

Kepala Dinas Pendidikan Kab HST H Muhammad Anhar mengatakan, bahwa 5 penghargaan dari berbagai macam kategori itu, merupakan hasil dari kerja bersama dan kolaborasi seluruh unsur pendidikan, khususnya para pendidik/ tenaga kependidikan di HST.

BACA: Guru SD Dedikatif Terbaik Asal HST Terima Penghargaan Dari Presiden Joko Widodo

Disebutkan, 5 penghargaan itu terdiri dari:

  1. Kategori Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Selatan dengan dukungan pemerintah daerah pada Gerakan Sekolah Sehat Terbaik 1 Tahun 2023.
  2. Kabupaten/Kota dengan persentase pemanfaatan Platform Merdeka Belajar pada Satuan Pendidikan Implementasi Kurikulum Merdeka Jalur Mandiri Terbaik 1 Tahun 2023.
  3. Kabupaten/Kota dengan persentase Pelaksanaan Transisi PAUD-SD Terbaik 3 Tahun 2023.
  4. Kabupaten/Kota dengan Persentase Kualitas Data Dapodik Jenjang SKB, PKBM, PAUD, SD, SMP Terbaik 3 Tahun 2023.
  5. Duta Merdeka Belajar Terpuji dalam Aktivasi Akun Pembelajaran (Belajar.id), Pemanfaatan Rapor Pendidikan, dan Pemanfaatan PMM.

“Ini merupakan tahun ke-2 HST mendapatkan apresiasi yang membanggakan, terima kasih kepada seluruh unsur pendidikan di HST yang telah berpartisipasi dan berkolaborasi, ini merupakan hasil kerja keras, kerja cerdas, kerja hebat, dan kerja bersama kita semua khususnya kepada Bapak/ Ibu Pendidik dan tenaga Kependidikan yang turut dalam pemajuan mutu pendidikan di HST,” ucap Muhammad Anhar.

BACA JUGA: Gerakan Wani Madam Ajak Generasi Muda HST Berani Melanjutkan Pendidikan Hingga Luar Negeri

Anhar menjelaskan, bahwa pihaknya tidak serta merta berpuas diri, karena masih ada pekerjaan rumah lain yang harus dilakukan dalam rangka pemajuan dan peningkatan kualitas pendidikan di HST.

“Orang sudah mulai melihat, Kemendikbud sudah tahu seperti apa Hulu Sungai Tengah, kemudian bagaimana kebijakannya mendukung program Kemendikbud, namun sekarang PR terbesar kita adalah bagaimana meningkatkan kualitas pembelajarannya,” ungkapnya.

“Karena penghargaan-penghargaan ini hanya bungkusnya saja. Kalau kita bicara kualitas, saya rasa masih banyak PR besar yang harus kita perbaiki. Mari kita sisir isinya, kita perbaiki esensinya di tahun-tahun mendatang untuk menghadirkan pendidikan yang jauh lebih baik dan berkualitas,” sambungnya.(jejakrekam)

Penulis Siti Nurdianti
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.