Dialog Forum Kerukunan Umat Beragama Diharapkan Eratkan Solidaritas Dan Toleransi

0

PENJABAT (Pj) Bupati Barito Utara Muhlis, beserta jajaran perangkat daerah serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), membuka kegiatan Dialog Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) yang diselenggarakan di gedung Nahdatul Ulama (NU), di Muara Teweh, Selasa (5/12/2023).

DALAM kesempatan tersebut, Pj Bupati Muhlis menyampaikan, peran Forum Kerukunan Umat Bergama (FKUB) sangatlah besar, sebagai garda terdepan dalam pemeliharaan kerukunan umat beragama.

Dengan begitu tentulah harus siap menghadapi tantangan yang tak bisa dihindari. Hal ini harus selalu disikapi dengan kewaspadaan terhadap ancaman serta potensi adanya riak-riak di kalangan masyarakat.

BACA: Kesbangpol Barut Gelar Pertemuan Peningkatan Toleransi Kerukunan Umat Beragama

Muhlis juga menekankan kepada Ketua FKUB Kabupaten Barito Utara beserta jajarannya, agar identifikasi kekuatan atau kelemahan internal dan eksternal harus segara dilakukan. Apabila hal tersebut sudah mulai timbul, demikian halnya strategi yang perlu dipersiapkan dan segera harus dibuat adalah koordinasi dan konsulidasi antar lembaga dan pengurus forum kerukunan umat beragama merupakan hal yang utama dan perlu dilakukan.

Sementara, Ketua FKUB H Al Hadi mengatakan, kegiatan yang terselenggara atas dasar surat keputusan Bupati Barito Utara nomor 188.45/162/2021 tanggal 1 April 2021, tentang Pembentukan Kepengurusan FKUB Barito Utara Masa Bakti 2021-2026, dan program kerja FKUB masa Bakti Tahun 2021-2026.

Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan adalah meningkatkan hubungan harmonis antar tokoh umat beragama dalam rangka menjaga dan memelihara kerukunan umat beragama, khususnya menjelang Pemilu Tahun 2024 yang akan datang, serta membangun komunikasi yang baik antar umat beragama dengan pemerintah secara berkesinambungan.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.