Hadiri Penyerahan DIPA, Ketua DPRD Kalsel Tekankan Percepatan Pembangunan Banua untuk Masyarakat

0

KETUA DPRD Kalsel H Supian HK bersama bupati dan walikota Se-Kalsel hadiri Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Alokasi Transfer ke Daerah (TKD) 2024 di Aula H. Idham Chalid, Sekretariat Daerah Provinsi Kalsel, Jum’at (1/12/2023).

KEPALA Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalsel Syafriadi sampaikan pertumbuhan APBN Kalsel dalam kurun waktu Tahun 2022 hingga 30 Desember 2023. Ia mengatakan, seiring perkembangan teknologi, Kalsel melesat 5,57 persen di Triwullan III Tahun 2023.

“Di tengah gejolak ekonomi global, instabilitas geo politik, dan kenaikan suku bunga, tekanan arus modal, serta el nino yang kalau dilihat dilapangan Pertumbuhan ekonomi di Kalsel triwulan III-2023 masih tetap menujukkan pertumbuhan,” ujarnya.

BACA : Serahkan DIPA Rp 37,78 Triliun, Gubernur Kalsel: Jagalah Uang Rakyat Dengan Amanah

Realisasi APBN di Kalsel sampai dengan 30 November 2023 untuk pendapatan negara mencapai 106 Persen atau Rp 19,83 triliun dari pagu. Untuk belanja negara sampai dengan 30 November 2023 Kalsel ada di angka 28,86 Triliun atau 89,17 persen. Terdiri dari belanja kementerian lembaga yang ada sebesar 82 persen smeentara dari BKD 91,52 persen yang didominasi oleh BPBH, dengan yang tertinggi ada di Balangan.

Sementara itu, Ketua DPRD Kalsel H Supian HK berpesan agar DIPA dan TKD TA 2024 yang telah diserahterimakan dapat digunakan dengan efektif dan akuntabel untuk mengakselerasi pembangunan serta pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Kalsel.

BACA JUGA : Pulihkan Ekonomi Daerah, DIPA Dan TKD Kalimantan Selatan Tahun 2023 Naik Rp 2,67 Triliun

“Setiap instansi pengelola dana APBD harus betul-betul memanfaatkan alokasi dana yang telah diberikan dalam rangka percepatan, pertumbuhan, dan pemerataan pembangunan di Kalsel,” ucap Politisi Golkar itu.

Dirinya juga menyebutkan, pemerintah daerah atau kelembagaan kerap kali mengeksekusi pekerjaan pada akhir tahun. Hal tersebut dianggap tak bagus dan harus segera diubah. “Tentu saja ini perlu diubah mindset-nya supaya bisa dilaksanakan mulai awal tahun dan pelaksanaan pembangunannnya bisa segera dinikmati masyarakat,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Humas DPRD Kalsel
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.