Perkuat Pengawasan Partisipatif Pemilu, Bawaslu Gandeng MUI Tabalong

0

KETUA MUI Tabalong H Sabilalrusdi, bersama Komisioner Bawaslu Tabalong H Taberani menanda tangani MoU kerjasama, dalam upaya memperkuat pengawasan partisipatif Pemilu dan Pemilihan 2024.

PENANDA tanganan yang dilakukan di Gedung Emerald Lounge, pada Selasa (21/11/2023) ini, disebutkan sebagai langkah startegis dalam melakukan pengawasan menjelang pesta demokrasi. “Kerjasama ini untuk memperkuat peran masing-masing dalam Pemilu dan pemilihan 2024 di Tabalong,” ungkap Taberani, yang juga Koordiv Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Tabalong.

Menurut Taberani, MUI mempunyai peranan penting dalam mendorong partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya. Juga berperan dalam mengantisipasi pelanggaran pemilu melalui dakwah para ulama yang bisa memberikan pemahaman terkait bahayanya politik uang, hingga isu sara.

BACA: Diancam Pidana, Bawaslu Tabalong Larang Parpol Terima Dana Kampanye dari Sumber Tak Jelas

“Ini yang kami antisipasi, sehingga kami memerlukan dakwah-dakwah da’i yang menyegarkan dan mendamaikan, agar pemilu dan pemilihan nanti berjalan kondusif, damai dan sesuai peraturan yang berlaku,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua MUI Tabalong H Sabilalrusdi menyampaikan, dari kerjasama ini pihaknya dapat menghadirkan pemilu yang adil dan berintegritas. “Kami dari Majelis Ulama Indonesia dapat turut serta bepartisipasi dalam mensukseskan pesta demokrasi yang akan kita laksanakan sebentar lagi,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, juga dilakukan rapat koordinasi pengawasan masa kampanye di Pemilu 2024 diikuti dihadiri perwakilan partai politik, KPU Tabalong, unsur Forkopimda serta SKPD terkait.(jejakrekam)

Penulis hery
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.