Resmi Rosiyati Thamrin Gantikan MRK di Fraksi PDI Perjuangan DPR RI dari Dapil Kalsel 1

0

POSISI lowong usai ditinggalkan Muhammad Rifqinizamy Karsayuda (MRK) di Fraksi PDI Perjuangan DPR RI telah terisi. Penggantinya Hj Rosiyati Thamrin resmi dilantik sebagai pengganti antar waktu (PAW).

MRK sendiri telah lompat pagar ke Partai Nasional Demokrat (NasDem) untuk maju mencaleg DPR RI di dapil Kalimantan Selatan 1 pada Pemilu 2024. Sebelumnya, Rifqi-sapaan akrab politisi muda banteng itu duduk di Komisi II DPR RI.

Prosesi pelantikan PAW DPR dan MPR untuk sisa masa jabatan 2019-2024 berlangsung dalam Rapat Paripurna di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Selasa (21/11/2023).

Selain Rosiyati, ada dua PAW anggota DPR RI yang dilantik oleh Ketua DPR RI Puan Maharani berdasar Keputusan Presiden Nomor 109/P Tahun 2023 tanggal 8 November 2023 dari Fraksi PDI Perjuangan dan Fraksi NasDem.

BACA : Manuver Rifqinizamy; Usai Mundur Dari PDIP, Mencaleg DPR Di NasDem Pada Pemilu 2024

Cukup lama Rosiyati untuk bisa meraih titel wakil rakyat mewakili dapil Kalimantan Selatan 1 meliputi Kabupaten Banjar, Barito Kuala, Tapin, Hulu Sungai Selatan (HSS), Hulu Sungai Tengah (HST), Hulu Sungai Utara (HSU), Balangan dan Tabalong, usai MRK menyatakan undur diri pada 24 Agustus 2023 lalu.

Usai dilantik, Rosiyati resmi mendapat nomor anggota A-246 dari dapil Kalsel 1. Begitupula, Andhika Hasan menjadi anggota DPR RI dari Fraksi PDIP dapil Kalimatnan Timur serta Kamran Muchtar Podomi dari Fraksi NasDem dapil Sulawesi Utara.

BACA JUGA: Tak Masuk Gerbong 186 DCS DPR RI Pemilu 2024, Rifqinizamy Undur Diri dari PDI Perjuangan

Pada Pemilu 2019 lalu, Rosiyati Thamrin meraih suara terbanyak kedua setelah MRK dengan koleksi 15.887 suara. Rosyita sendiri harus menunggu sekitar 4 bulan untuk bisa dilantik menjadi anggota DPR RI mengisi kekosongan kursi dari parpol pemenang Pemilu 2019 tersebut.(jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.