Tempat Relokasi PKL Jalan Anang Adenansi Telah Ditetapkan

0

AKHIRNYA telah dikeluarkan opsi utama relokasi untuk pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Jalan Anang Adenansi, diketahui tak jauh dari lokasi lama.

DIKARENAKAN telah lama berjualan, sehingga menjadi pertimbangan, kini nasib dari 30 lebih para pedagang, tinggal menunggu keputusan kapan akan dilakukannya pemindahan.

Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman menyampaikan, dari rapat yang telah dilakukan oleh beberapa dinas dan SKPD terkait. Akhirnya opsi utama dari pemindahan para PKL ini telah ditetapkan.

BACA: Protes 3 Opsi Lokasi Baru PKL Anang Adenansi; RTH Kamboja, Pasar Sudimampir atau Pasar Baru

Dikatakannya, sebelumnya rencana pemindahan ini karena adanya beberapa pertimbangan. Mulai dari penegakan aturan dan beberapa hal lainnya. “Dari sisi penegakan aturannya, karena di sana ada trotoar yang baru dibangun. Sayang jika tidak digunakan dan disalah fungsikan, yang harusnya diperuntukkan untuk pejalan kaki,” ucapnya, Kamis (16/11/2023) siang.

Namun, di satu sisi dikatakan Ikhsan, harus juga memperhatikan para pedagang yang berjualan di sana. Mengingat lamanya mereka telah berjualan. “Mereka sudah berjualan di sana lebih dari satu generasi. Juga di sana mereka telah menjadi ikonik tempat berbelanja kaki lima di Banjarmasin,” tuturnya.

“Mereka pun berjualan di sana tidak ada yang menyediakan makan di tempat. Sebagian besar kan beli, dibungkus dan dibawa pulang langsung,” lanjutnya.

BACA JUGA: Jangan Gusur PKL Anang Adenansi, Ketua GJL Kalsel Saran Bisa Direlokasi ke Lahan Eks Bank Panin

Dari beberapa pertimbangan itu, setelah adanya rapat dengan beberapa dinas dan SKPD terkait, akhirnya dirinya memprioritaskan agar para PKL ini dipindahkan tetap di sekitar kawasan RTH Kamboja. “Tepatnya ada di jalan aspal, samping lapangan batako (kawasan Taman Kamboja),” ungkapnya.

“Nantinya mereka akan ditata sedemikian rupa agar bisa muat di sana,” sambungnya.

Terkait kapan dipindahkannya, Ikhsan menyebut masih dalam tahap pembicaraan untuk waktunya. “Harusnya SP sudah dilakukan, namun sekali lagi karena ada beberapa pembicaraan, yang pasti secepatnya. In Syaa Allah bulan ini,” ucapnya.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.