Suarakan Keadilan Untuk Palestina, AMM Kalsel Gelar Aksi Damai

0

DUKUNGAN untuk Palestina tak henti-hentinya diberikan oleh masyarakat Indonesia. Kali ini Angkatan Muda Muhamadiyah (AMM) Kalimantan Selatan, menggelar aksi Bela Palestina di Perempatan Jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin, pada Jumat (10/11/2023).

RATUSAN masa berkumpul dan berorasi menyampaikan aspirasi dan dukungannya, atas masyarakat Palestina yang sedang berkonflik dengan Israel. Hal ini, menyusul dengan semakin bertambahnya korban.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Kementerian Kesehatan Gaza, hingga Kamis (9/11/2023) yang lalu, angka korban tewas akibat serangan Israel sudah mencapai 10.568 jiwa. Sedangkan untuk korban luka-luka sendiri sudah mencapai 4.324 orang. Dari keseluruhan korban, sebagian besar adalah anak-anak dan wanita.

Dari situ, Ketua Pengurus Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) Kalimantan Selatan Muhamad Abdan Syakura mengatakan, pihaknya saat ini menggelar aksi serentak, sesuai dengan instruksi organisasi pusat. “Hampir seluruh provinsi di Indonesia teman-teman angkatan muda Muhammadiyah juga melaksanakan aksi Bela Palestina,” ungkapnya, Jumat (10/11/2023).

BACA: Suarakan Aspirasi Untuk Pembebasan Palestina

Tak hanya itu, adanya aksi Bela Palestina ini ujarnya merupakan bentuk solidaritas atas kekerasan dan kejahatan terhadap kemanusiaan yang dilakukan zionis.

Dalam kesempatan itu juga, pihaknya juga mengajukan beberapa tuntutan untuk Pemerintah Indonesia. Yaitu peran Indonesia harus aktif menyuarakan gencatan di Palestina. “Presiden beserta Menteri Luar Negeri harus berkolaborasi dengan negara-negara muslim, bagaimana agar Palestina merdeka dan tidak ada lagi kekerasan dan penindasan di Palestina,” tuturnya.

Kemudian, pihaknya juga meminta kedutaan Amerika yang ada di Indonesia untuk ditiadakan. “Kita lihat buat apa mereka di Indonesia, Toh mereka juga melakukan kekerasan terhadap kemanusiaan di Palestina. Jadi kita tuntut untuk dubes itu diusir saja dari Indonesia,” imbuhnya.

Tak hanya berorasi, pihaknya diketahui juga membangun solidaritas untuk mengumpulkan bantuan yang dilelola Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Sadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) untuk dikirimkan ke Palestina. “Yang penting ada niatan kita membantu rakyat di Palestina,” tutupnya.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.