Peringatan Hari Pahlawan, Tanamkan Spirit Perjuangan Dalam Diri Anak Muda

0

MOMENTUM Peringatan Hari Pahlawan Nasional yang jatuh pada tanggal 10 November setiap tahunnya, turut diperingati oleh Pemerintah Kota Banjarmasin, Kamis (10/11/2023).

SEPERTI biasa, momentum peringatan diisi dengan ziarah makam serta upacara tabur bunga yang dipimpin oleh Asisten Pemerintahan & Kesra Machli Riyadi, bersama jajaran SKPD dan Forkopimda Kota Banjarmasin, di Tugu 9 November, Benua Anyar dan di Tugu Pahlawan Halaman KPPN Banjarmasin.

Sebelumnya, telah dilaksanakan terlebih dahulu Upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional Tahun 2023 yang mengangkat tema ‘Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan’, di Halaman Balaikota Banjarmasin. Bertindak selaku Inspektur, Dandim 1007/Banjarmasin Kolonel Inf Arman Aris Sallo, S.IP.

Pada kesempatan itu, Machli Riyadi mengungkapkan, momentum peringatan hari pahlawan kali ini memberi makna pesan mendalam bagi generasi muda.

BACA: Warga Pengambangan Gelar Upacara Hari Pahlawan 9 November

Ia menekankan bahwa pada Tahun 2030 Indonesia akan mulai memasuki fase bonus demografi, dimana penduduk dengan usia produktif akan mendominasi di banding usia non produktif. “Kita ingin sampaikan kepada generasi muda, mereka inilah yang akan mewarisi semangat para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia,” ujar Machli Riyadi.

Oleh karena itu, ujar Machli keberlangsungan bangsa ini kedepan ada di tangan para pemuda. “Mengingat peran generasi muda ini sangat penting sekali, tentu kita harapkan mereka lah yang dapat mengisi kemerdekaan, mengamalkan nilai-nilai perjuangan serta senantiasa menghargai jasa para pahlawan,” tegasnya.

“Apalagi ini memang catatan sejarah yang tidak boleh dilupakan oleh warga, pemuda dan tentunya kita warga masyarakat kota Banjarmasin untuk mengingat kembali nilai-nilai perjuangan masyarakat di Banjarmasin,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.