Cegah Stunting, Pengabdian Masyarakat Alumni FK UNAIR Angkatan 2013

0

MEMPERINGATI 110 tahun pendidikan dokter di Surabaya dan rangkaian Dies Natalis ke-69, Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat.

BERTEMAKAN ‘FK UNAIR Cegah Stunting Menuju Generasi Indonesia Sehat’, kegiatan diselenggarakan secara serentak pada hari Sabtu (28/10/2023), di 41 titik yang tersebar di 23 provinsi di Indonesia.

Salah satunya, alumni FK UNAIR Angkatan 2013 (MEDITRINA), bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Utara dan Puskesmas Benangin, menggelar kegiatan pengabdian masyarakat di Aula Kecamatan Teweh Timur, Kabupaten Barito Utara.

BACA: Perbaiki Layanan Kesehatan, Barito Utara Targetkan Penurunan Angka Stunting

Dibuka secara resmi oleh Kepala Puskesmas Benangin I Wayan Sutenaya, kegiatan ini juga dihadiri oleh ibu dengan bayi/balita stunting, bidan, ahli gizi, dan staff Puskesmas Benangin.

Kegiatan ini terfokus untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap masyarakat di wilayah perifer dalam mengatasi masalah stunting di Indonesia.

perwakilan Alumni FK UNAIR angkatan 2013, dr Fadhilah Mega Indriati mengatakan, kegiatan ini berupa penyuluhan dan pemberian edukasi kepada masyarakat dalam mencegah dan menangani stunting.

BACA JUGA: Atasi Permasalahan Stunting, Dinkes Barito Utara Gelar Diskusi Dan Sharing

Selain penyuluhan, alumni FK UNAIR angkatan 2013 juga menyerahkan sejumlah bantuan berupa bahan pangan lokal pemberian makanan tambahan kepada bayi /balita stunting, serta buku edukasi stunting dan resep menu lokal bayi/balita kepada perwakilan ahli gizi Puskesmas Benangin.

Menurutnya, kegiatan pengabdian masyarakat yang diadakan oleh FK UNAIR ini juga tercatat pada Rekor MURI dengan tajuk penyuluhan dan edukasi stunting di lokasi terbanyak oleh Alumni Fakultas Kedokteran di satu perguruan tinggi.

Di tempat terpisah, Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, hal ini sejalan dengan program pemerintah daerah dalam penerapan peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021, tentang percepatan penurunan stunting.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.