Batola Terima Penghargaan ProKlim Utama dan Lestari dari KLHK

0

PEMKAB Batola, Kalimantan Selatan (Kalsel) menerima penghargaan Proklim Utama dan Lestari  dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK-RI), di Gedung Manggala Wanabakti Kementerian LHK Jakarta. 

PENJABAT (Pj) Bupati Batola Mujiyat mengatakan, ProKlim merupakan program yang memberikan pengakuan terhadap partisipasi aktif masyarakat, dan telah melaksanakan upaya mitigasi adaptasi perubahan iklim terintegrasi. 

“ProKlim dapat mendukung target penurunan emisi GRK nasional dan meningkatkan ketahanan masyarakat terhadap dampak perubahan iklim,” ujar Mujiyat, Selasa (24/10/2023).

BACA JUGA: Di Kiram Park, 4.000 Scooterist Jamnas Lautan Vespa Bersama Paman Birin

Ia memastikan, di Kabupaten Batola memiliki Desa Proklim Lestari berada di Desa Danda Jaya, Kecamatan Rantau Badauh. “Saya sangat mengapresiasi pembinaan  dan pendukung Proklim,” ucapnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Batola Fahriana menyebutkan, Desa Danda Jaya membina sebanyak 10 desa binaan. 

Desa-desa tersebut, harapnya,  dapat membina kembali desa lainnya,  sehingga di Batola semua desa  menjadi desa Proklim. “Katagori Lestari merupakan tingkat tertinggi,” tutur Kepala DLH Batola Fahriana.

Kepala Desa Danda Jaya Diyono saat verifikasi lapangan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan  mengatakan, upaya Desa Danda Jaya dalam adaptasi dan mitigasi perubahan iklim berupa pengelolaan sampah limbah padat dan cair.

BACA JUGA: Banua Ekonomi Syariah Expo, Paman Birin: Ruang Pesantren Dan Pelaku Usaha Tingkatkan Daya Saing

Selain itu, sambungnya,  pemanfaatan sisa limbah pertanian, budidaya pertanian rendah emisi,  termasuk menanggulangi kebakaran hutan dan lahan. 

Penghargaan tersebut dierima langsung Penjabat Bupati Batola) Mujiyat dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (LHK-RI) Siti Nurbaya Bakkar, di Gedung Manggala Wanabakti Kementerian LHK-RI Jakarta, Selasa (24/10/2023). (jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.