Air Sungai di Desa Rantau Nangka Maluap, Ini Imbauan BPBD Banjar untuk Masyarakat

0

CURAH hujan yang cukup tinggi pada Minggu (28/1/2024) kemarin membuat air sungai di Desa Rantau Nangka, Kecamatan Sungai Pinang, Kabupaten Banjar meluap menggenangi jalan hingga rumah warga, Senin (29/01/2023) pagi.

VIDEO amatir melaporkan melalui grup whatsApp relawan hingga pagi ini pukul
10.28 Wita, kondisi air terus mengalami kenaikan. Ketinggian air merendam permukiman warga yang ada di 3 rukun tetangga, masing-masing di RT 01,02 dan 05.

Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar Warsita saat meninjau lokasi siang ini pukul 11.55 Wita mengatakan, Sejauh ini pihaknya sudah menurunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) ke lokasi untuk melakukan monitor dan mendata warga yang terdampak banjir. Selain itu juga menyiapkan logistik dan perahu jika sewaktu waktu memang diperlukan masyarakat.

BACA : Hujan Deras Picu Air Sungai Riam Kiwa Meluap, Desa Rantau Nangka Terendam Banjir

Warsita menyebut kondisi air saat ini sudah mengalami penurunan. “Banjir di Sungai Pinang ini karena adanya hujan lebat di daerah hulu paramasan. Alhamdulillah banjirnya saat ini sudah surut,” ujarnya.

Ia juga mengimbau masyarakat di sepanjang Sungai Riam Kiwa khususnya di Kecamatan Pengaron, Simpang Empat, Astambul, Matraman, Martapura, Martapura Timur agar lebih waspada karena air akan turun dalam beberapa jam,” tutupnya.

Berkenaan dengan potensi banjir di Kabupaten Banjar, masyarakat diimbau memantau kondisi terkini lapangan, melakukan koordinasi dengan aparatur desa, menyiapkan evakuasi.

Selain itu juga menyimpan barang penting ketempat yang lebih aman dan membatasi aktivitas diluar rumah.

Jika berada diluar rumah hindari pohom besar, baliho dan saluran air atau gorong-gorong serta menyiapkan tas siaga yang berisi makanan, minuman, obat, uang, pakaian, dokumen berharga dan lain-lain.(jejakrekam)

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.