Masih Pakai Kardus Kedap Air, KPU Kalsel Order 68 Ribu Kotak Suara dan 54 Ribu Bilik Suara Pemilu 2024

0

KOTAK suara berbahan kardus atau karton kedap air (duplex) tetap digunakan dalam Pemilu 2024, meski sempat jadi sorotan dan kritikan publk ketika dipakai pada penyelenggaraan Pemilu 2019 lalu.

TAK hanya kotak suara, bilik suara juga berbahan karton duplex yang bersifat kaku, padat dan tebal juga tetap dipakai oleh KPU RI, termasuk jaringannya KPU Provinsi Kalsel.

Kotak suara dan bilik suara ini nantinya akan digunakan di tempat pemungutan suara (TPS) Pemilu 2024 di Kalimantan Selatan. Di Kalsel sendiri, terdapat 13.584 tempat pemungutan suara (TPS) tersebar di 13 kabupaten/kota, 156 dkecamatan dan 2.016 desa/kelurahan se-Kalsel. Terbanyak berada di Kota Banjarmasin tersedia 1.940 TPS, dan paling sedikit 429 TPS di Kabupaten Balangan.

Anggota KPU Provinsi Kalsel, Muhammad Fahmi Failasopa mengungkapkan untuk kebutuhan kotak suara dan bilik suara di TPS telah diorder 68 ribu kotak suara dan 54 ribu bilik suara bagi 13.584 TPS se-Kalsel.

BACA : Dilaporkan ke Bawaslu Gegara Masalah Kotak Suara, Simak Klarifikasi Ketua PPK Banjarmasin Selatan

“Memang, kotak suara dan bilik suara masih menggunakan kardus atau tepatnya karton duplex yang kedap air. Jadi berbeda dengan karton umumnya. Begitu pula, untuk gembok atau kunci kotak suara menggunakan kabel ties yang lebih kuat dan tebal dibandingkan dengan yang ada di pasaran. Memang mirip dengan kabel ties kunci sepeda, tapi lebih tebal lagi,” kata Fahmi Failasopa kepada jejakrekam.com, Jumat (13/10/2023).

Mantan anggota Bawaslu Kabupaten Tabalong ini mengaku dirinya bersama dua koleganya; Nida Guslaili Rahmadina dan Arif Mukhyar telah meninjau persiapan produksi logistip tahap I berupa kotak suara dan bilik suara Pemilu 2024 di PT Intan Ustrix dan PT Surya Prima Semesta di Jawa Timur.

“Nah, untuk kotak suara Pemilu 2019 dan Pilkada Kalsel 2020 lalu sudah tak dipakai lagi. Jadi, kotak suara dan bilik suara ini dilelang dan uangnya diserahkan ke kas negara. Sebab, logistik pemilu itu memang untuk sekali pakai saja,” kata Fahmi.

BACA JUGA : Ada 66.858 Kotak Suara Kardus Dipakai KPU Kalsel di Pemilu 2019

Untuk diketahui, PT Intan Ustrix berbasis di Kabupaten Gresik, Jawa Timur mengerjakan kotak suara pesanan KPU RI dan KPU Kalsel. Sedangkan, PT Surya Prima Semesta menggarap pembuatan bilik suara dari bahan karton duplex di Sidoarjo, Jawa Timur.

“Saat di sana, kami juga meninjau proses produksi, finishing, packing hingga teknis distribusi menuju Banjarmasin serta dilakukan verifikasi terhadap spesifikasi logistik berdasarkan ketentuan regulasi yang ada,” papar Fahmi.

BACA JUGA : Ada Puluhan Kotak Suara Basah, Ketua KPU Kalsel : Bisa Dikeringkan

Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kalsel ini menceritakan saat monitoring logistik Pemilu 2024 di Jawa Timur juga didampingi perwakilan dari Bawaslu Provinsi Kalsel. Termasuk, Direktur Operasional PT Intan Ustrix Windra Setiono dan Direktur PT. Surya Prima Semesta, Johny Hidajat.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.