Sosialisasi ‘Simple Plan’ Digelar Bappedalitbang Tanbu

0

BADAN Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Tanah Bumbu menggelar sosialisasi ‘Simple Plan’ di Balai Desa Wanasari, Kecamatan Sungai Loban, Jumat (6/10/2023).

SIMPLE Plan adalah sarana implementasi perencanaan berbasis spasial untuk perencanaan pembangunan.

Sosialisasi digelar meningkatkan partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan melalui sarana yang mudah diakses secara real time. Sehingga terwujudnya percepatan pembangunan sesuai yang telah ditargetkan dalam RPJMD 2021-2026.

BACA JUGA: Workshop dan Sosialisasi SIAP TPB/SDGs di Pemkab Tanbu

Kepala Bappedalitbang Andi Anwar Sadat melalui Kabid Ekosdainfraswil M Untung RLU mengatakan, inovasi Simple Plan ini diharapkan dapat membantu dalam mewujudkan visi daerah menjadi kabupaten maju, unggul, mandiri, religius, dan demokratis.

“Targetnya seluruh desa di Tanah Bumbu menerapkan inovasi Simple Plan ini. Untuk sementara, yang menjadi pilot project adalah Desa Tanete Kecamatan Kusan Hilir dan Desa Wanasari Kecamatan Sungai Loban,” ucapnya.

Sosialisasi dihadiri Kepala Desa Wanasari, Kasi Pemerintahan Kecamatan Sungai Loban, perangkat desa, BPD, Karang Taruna, seluruh RT, kepala dusun, dan pemuka agama.

BACA JUGA: Pemkab Tanbu Gelar Pelatihan Computer Operator Assistant

Dalam sosialisasi tersebut, peserta diberikan penjelasan tentang konsep Simple Plan, cara penggunaannya, dan manfaatnya bagi masyarakat.

“Dengan adanya Simple Plan, masyarakat dapat ikut serta dalam perencanaan pembangunan di desa mereka. Hal ini akan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan,” tuturnya.

Ia menambahkan, Simple Plan juga dapat membantu pemerintah desa dalam menyusun perencanaan pembangunan yang lebih baik dan tepat sasaran.

BACA JUGA: Workshop dan Sosialisasi SIAP TPB/SDGs di Pemkab Tanbu

“Kami berharap, sosialisasi ini dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang Simple Plan dan mendorong mereka untuk ikut serta dalam perencanaan pembangunan desa,” imbuhnya. (jejakrekam)

Penulis Asyikin/Diskominfo
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.