Workshop dan Sosialisasi SIAP TPB/SDGs di Pemkab Tanbu

0

MENCAPAI tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs), Kepala Bappedalitbang Tanbu Andi Anwar Sadat bersama Kabid Ekosdainfraswil, membuka Workshop dan Sosialisasi SIAP TPB/SDGs di Lingkungan Pemkab Tanbu, Kamis (21/9/2023).

ANDI Anwar Sadat menyebutkan, kegiatan ini merupakan kelanjutan dari hasil sosialisasi Aplikasi Sistem Analisa Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SIAP TPB/SDGs) Provinsi Kalimantan Selatan pada tanggal 3 Agustus 2023.

“Pemkab Tanbu melalui masing-masing SKPD harus mandiri mengisi target di dalam matrik 1 dan matrik 2B,” ujarnya.

BACA JUGA: Kerjasama Pemkab Tanbu-Briton Internasional Engslish, Cetak Generasi Berkualitas

Ia mengungkapkan, TPB atau SDGs adalah agenda pembangunan global wajib diikuti semua negara, termasuk Indonesia. Pencapaian target TPB sebagai agenda global tidak hanya bergantung pada pemerintah pusat, tetapi juga pada tingkat kabupaten/kota dan bahkan komunitas,sehingga dalam konteks perencanaan pembangunan daerah.

“Pencapaian TPB menjadi isu yang harus terintegrasi dalam dokumen perencanaan dan pemetaan potensi lokal,” tandasnya.

Sebab itu, sambungnya, semua aktor harus berperan dalam pemetaan potensi dan permasalahan yang berkaitan dengan TPB, sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pedoman Pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

BACA JUGA: Kerjasama Pemkab Tanbu-Briton Internasional Engslish, Cetak Generasi Berkualitas

Menurutnya, Pemkab Tanbu telah menyusun RAD TPB/SDGs 2021-2026 yang inklusif, terintegrasi, dan partisipatif untuk semua.

“Rencana aksi ini mencakup 17 tujuan yang dituangkan dalam 4 pilar pembangunan”, tambah Andi Anwar.

Terkait RAD TPB/SDGs, Ia memastikan, telah terintegrasi dalam dokumen perencanaan RPJMD, Renstra, RKPD, sejalan dengan visi, misi, sasaran, dan indikator pembangunan daerah.

BACA JUGA: Kerjasama Pemkab Tanbu-Briton Internasional Engslish, Cetak Generasi Berkualitas

Selanjutnya, Pemkab Tanbu sedang melakukan penyusunan laporan terhadap ketercapaian dari matrik yang telah direncanakan, khususnya untuk tahun 2021-2022.

Dalam rangka mendukung pelaksanaan SIAP TPB, bebernya, Pemkab Tanbu mengadakan workshop SIAP TPB bersama SKPD di Kabupaten tersebut.

Hal ini, harapnya dapat memudahkan dan mempercepat penginputan matrik sesuai dengan yang di tetapkan oleh Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan.

BACA JUGA: Kerjasama Pemkab Tanbu-Briton Internasional Engslish, Cetak Generasi Berkualitas

“Pemkab Tanbu mengucapkan terima kasih kepada Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan yang menjadi narasumber dan memfasilitasi acara ini. Semua peserta supaya mengikuti kegiatan ini dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab terhadap pencapaian target dalam aplikasi SIAP TPB,” tuturnya.

Narasumber pada acara ini dari BAPPEDA Provinsi Kalsel, para peserta Workshop SIAP TPB, dan Tim Ekosdainfraswil Kabupaten Tanah Bumbu. (jejakrekam)

Penulis Asyikin/Diskominfo
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.