DKPP Tanbu Sosialisasi PSAT-PDUK

0

DINAS Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar sosialisasi registrasi Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT)-Produksi Dalam Negeri Usaha Kecil (PDUK) di Batulicin.

SOSIALISASI dihadiri pelaku usaha di bidang pangan segar maupun olahan dan jajaran DKPP Tanbu. Sedangkan narasumber dari Loka POM Tanbu dan DPMPTSP Tanbu.

Kepala DKPP Tanbu Hairuddin mengatakan, sosialisasi ini digelar dalam rangka menambah wawasan dan pemahaman pelaku usaha tentang pentingnya keamanan pangan. “Tema kegiatan yakni Tidak Ada Ketahanan Pangan Tanpa Keamanan Pangan,” ucapnya.

BACA JUGA: Pemkab Tanbu Gelar Pelatihan Computer Operator Assistant

Ia menjelaskan, pangan yang aman sangat penting perannya dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia. “Sebagaimana amanat UU Nomor 18 Tahun 2012 tentang pangan, Pemerintah dan Pemerintah Daerah berkewajiban menjamin penyelenggaraan keamanan pangan di setiap rantai pangan secara terpadu,” ujarnya.

Selain penjaminan oleh pemerintah melalui pengawasan pre-market dan post-market, pelaku usaha juga harus mengetahui dan memahami terkait keamanan pangan.

BACA JUGA: Workshop dan Sosialisasi SIAP TPB/SDGs di Pemkab Tanbu

“Semakin maraknya penyakit degeneratif seperti kanker dan tumor, serta masih ditemukannya kasus stunting, merupakan beberapa dampak dari pola pangan dan kualitas pangan yang buruk, khususnya dari sudut keamanan pangan,” tuturnya.

Dengan adanya sosialisasi ini, sambungnya, pelaku usaha dapat meningkatkan pemahaman dan kesadarannya tentang pentingnya keamanan pangan. “Sehingga, pangan yang aman dan bermutu dapat tersedia, memadai, dan aman konsumsi,” imbuhnya. (jejakrekam)

Penulis Asyikin/Diskominfo
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.