Diskominfo Batola Bentuk Komunitas Informasi Masyarakat

0

DINAS Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan (Kalsel) membentuk Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) di dua desa.

KEDUA desa tersebut, yakni, Desa Patih Selera, Kecamatan Belawang , dan Desa Bagus, Kecamatan Marabahan.

Kepala Diskominfo Batola Hery Sasmita, mengatakan, pembentukan Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) tersebut sangat penting bagi masyarakat.

BACA JUGA: Pemkab Batola Kembali Optimalkan Pasar Handil Bakti

“Dengan adanya KIM ini bisa menyampaikan informasi yang benar,” ujar Hery Sasmita dalam siaran pers diterima, Rabu (27/9/2023).

Menurut Hery, fungsi dari KIM  sebagai sarana informasi dari anggota KIM itu sendiri dan harus ada pembuatan grup khusus KIM desa berbasis resmi. “Seperti Desa Bagus paling update informasi yang benar,” ucapnya.

Ia menjelaskan,  KIM merupakan perwakilan dari tangan pemerintah dengan kepala desa untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat tentang hal yang benar, tentang pembangunan dan tentang kebijakan pemerintah. 

BACA JUGA: Menunggak Dan Mau Diputus Mengeluh, Simak Penjelasan Pihak PDAM Batola

“KIM  termasuk penguat pemerintahan desa dalam hal apapun. Misalnya  ada kedatangan bupati, sekda ataupun wakil bupati, maka KIM lah menyampaikan potensi desa, kekurangan desa dan keperluan desa,” terangnya.  

Kabid IKP Diskominfo Batola Syaiful, menyebutkan, tujuan diselenggarakannya acara tersebut, salah satunya pemberdayaan masyarakat berkenaan dengan media informasi publik agar disampaikan ke seluruh lapisan masyarakat.

“Zaman serba berteknologi ini, kita tidak bisa lepas dari handphone sebagai media sarana untuk mencari sebuah informasi, hiburan dan sebagainya melalui internet,” tandasnya. 

BACA JUGA: Tahun 2023 Program Pengembangan Padi Di Batola Seluas 14.149 Hektare

Tujuan dari pembentukan tersebut, sambungnya, agar lebih mempermudah memberikan  informasi kegiatan seperti, kegiatan penyuluhan, kelompok tani, serta kegiatan lainnya berkaitan dengan aktifitas masyarakat.

“Kegiatan yang sudah dilaksanakan bisa disampaikan dalam sebuah grup KIM desa, sehingga sapat memberdayakan masyarakat untuk lebih maju dan bermartabat,” paparnya.

Syaiful mengharapkan,  semua warga di Desa Patih Selera maupun Desa Bagus bisa lebih memperkenalkan KIM ke kalangan masyarakat dan memfollow-up melalui KIM.

BACA JUGA: Rampung Sebelum Desember 2023, DPRD Tinjau Progres Jembatan Penghubung Batola dan Banjar

“Bahkan menyampaikan ke khalayak masyarakat dan  mendokumentasikan keadaan desa melalui upload ataupun share di grup.  Bisa juga  di-up di web pemerintah daerah ataupun di web media center,” imbuhnya. (jejakrekam)

Penulis Asyikin/Diskominfo
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.