Diduga Dibobol Lewat Aplikasi, Polda Kalsel Selidiki Kasus Raibnya Uang Nasabah BRI Rp 1,5 Miliar

0

POLDA Kalimantan Selatan langsung menyelidiki atas dugaan berpindahnya dana nasabah Bank BRI segede Rp 1,5 miliar ke rekening terduga sang pembobol.

UANG miliaran rupiah yang raib itu milik seorang pengusaha asal Martapura, Kabupaten Banjar bernama H Muhammad. Diduga uang nasabah ini dibobol dari rekening miliknya di bank pelat merah tersebut.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Kalsel, Kombes Pol Suhasto mengungkapkan saat ini tim penyidik tengah melakukan penyelidikan atas dugaan bobolnya rekening nasabah Bank BRI, karena terbilang begitu cepat raibnya.

“Kami lagi selidiki kasus ini. Pihak bank (BRI) lagi dipanggil. Sedangkan, pelapor (H Muhammad) juga sudah dimintai keterangannya,” ucap Kombes Pol Suhasto kepada awak media di Banjarmasin, Senin (11/9/2023).

BACA : Penyidik Tetapkan 1 Tersangka Baru Kasus Skimming Nasabah Bank Kalsel

Mantan Kapolres Kotabaru ini mengatakan dikhawatirkan justru korban mengklik atau menginstal file Android Package Kit (APK), sehingga data pribadi hingga rekening dapat diretas oleh pelaku.“Kami akan berupaya semaksimal mungkin membongkar kasus ini,” Suhasto.

Android Package Kit atau APK merupakan format file yang digunakan untuk memasang aplikasi di Android, File APK ini tidak hanya bisa diunduh melalui Google Play Store, namun juga secara manual. Mendownload secara manual justru memiliki risiko tinggi karena tidak semua sumbernya resmi dan bisa mengandung malware atau virus software.

BACA JUGA : Ungkap Otak Pembobol Kartu ATM, Tersangka Kasus Skimming Bank Kalsel Ternyata Tahanan Lapas Bali

Sang pelapor, H Muhammad baru mengetahui uangnya raib pada 3 September 2023, ketika dia ingin melakukan transaksi. Saat itu, dinyatakan sudah mencapai limit sehingga tidak bisa melakukan transaksi.

Padahal H Muhammad tidak pernah melakukan transaksi keuangan di Bank BRI. Dia kemudian mengecek daftar mutasi melalui aplikasi mobile banking dan di sana tercatat ada 42 transaksi ke rekening yang tidak dikenal.

Ketika itu, dia langsung menelpon call center BRI. Dia meminta agar pihak bank segera memblokir nomor rekening miliknya guna mengamankan sisa uang yang ada.

BACA JUGA : Mantan Karyawan BRI Bobol Dana Bank Hingga 1,5 Miliar

Anehnya, limit transaksi H Muhammad hanya berkisar Rp 500 juta. Sementara, sang pembobol bisa melakoni transaksi tiga kali lipat dari limit hingga mencapai Rp 1,5 miliar.

Sayangnya, saat dikonfirmasi terpisah pihak Bank BRI Cabang Banjarmasin belum bisa memberi keterangan atas kejadian dugaan pembobolan rekening yang mendera nasabahnya tersebut.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/09/11/diduga-dibobol-lewat-aplikasi-polda-kalsel-selidiki-kasus-raibnya-uang-nasabah-bri-rp-15-miliar/,pengusaha bnajar uang raip dibobol
Penulis Iman Satria
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.