78 Tahun RRI Terus Perkuat Siaran, Tak Hanya Terestrial Tapi Juga Digital

0

KEMAJUAN teknologi menjadi hal yang tak lagi dapat dielakkan oleh semua pihak, dan ini adalah tantangan sekaligus peluang.

SEPERTI yang diungkapkan Kepala RRI Banjarmasin Darno, saat ini di usianya yang ke-78, RRI hadir ke tengah masyarakat bukan hanya melalui terestrial, tapi di seluruh lini multiplatform.

“Dengan tagline ‘Transformasi Multiplatform Untuk Indonesia Maju’, di era digital kita semakin terlihat, mulai dari siaran radio yang biasanya didengar melalui kanal frekuensi FM, kini bisa didengar, dibaca melalui berita online, bahkan dilihat melalui kanal televisi digital RRI,” ujarnya, di Auditorium RRI Banjarmasin , Senin (11/9/2023).

“Bahkan RRI Platform bisa hadir di ujung jari semua masyarakat Indonesia, siapapun anda yang memiliki handphone bisa menikmati layanan siaran RRI,” ucapnya.

Disebutkannya, RRI memang awalnya merupakan siaran radio yang hanya berbasis terestrial dengan frekwensi AM dan FM, tapi kini merambah ke banyak sektor. Seperti sektor visual dan online, yang membuat siaran RRI tidak lagi hanya dipancar luaskan lewat pemancar, namun juga jaringan internet.

BACA: Bonus Demografi Di Pemilu 2024 Pemilih Pemula, RRI Banjarmasin Gelar Parlemen Menjawab

“Harus semakin kreatif, karena tuntutan zaman sudah berubah, yang mau berubah adalah yang akan bertahan,” ungkapnya.

Lewat aplikasi yang dibangun oleh RRI saat ini seperti halnya RRI Play Go, membuat semua kanal siaran RRI seluruh Indonesia bisa didengar dimana saja. Hal lain yang menjadi keunggulan adalah RRI Play Go bisa menjadi gudang lagu-lagu daerah yang tidak dimiliki aplikasi lain yang serupa.

“Sektor teknologi digital merupakan wilayah yang perlu digarap secara serius, karena semua hal kini sudah berbasis digital. Siaran RRI ke depan justru akan memperkuat siaran digital namun tetap menjaga eksistensi di ranah terestrial,” imbuhnya.

Dalam Peringatan hari jadinya yang ke-78 ini pula, RRI mengumumkan merubah logonya. Awalnya, logo Radio Repubik Indonesia ditulis dengan singkatan huruf kapital(RRI) dengan kombinasi warna putih dan biru, kini berubah dengan tampilan baru. Kini logo RRI direpresentasikan dengan huruf kecil dengan warna biru muda.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.