Terus Upayakan Pencegahan Bencana, Supian HK Ingatkan Warga Rantau Bujur Hilir Jaga Lingkungan

0

POTENSI bencana alam banjir yang terus membayangi seluruh kabupaten kota di Kalsel menjadi sorotan Ketua DPRD Kalsel  H Supian HK. Hal tersebut disampaikannya pada Sosialisasi/Penyebarluasan Propemperda, Raperda, Perda dan peraturan Perundang-undangan atau yang biasa disebut dengan “Sosper” di Kecamatan Rantau Bujur Hilir, Sabtu (2/9/2023).

PASALNYA, sosper yang digelar kali ini oleh H. Supian HK, terkait Peraturan Daerah (Perda) nomor 6 tahun 2017, tentang penyelenggaraan penanggulangan bencana di Kalsel.

“Pemangku kebijakan di level provinsi, kabupaten sampai kecamatan, harus saling bersinergi untuk fokus pada upaya pencegahan, supaya bencana yang terus menghantui dihampir seluruh kabupaten kota Kalsel tersebut tidak terulang kembali dimasa mendatang,” ucap politisi senior Partai Golkar ini.

BACA : 2 PAW DPRD Kalsel Dilantik, Supian HK  : Perkuat Sinergi untuk Membangun Daerah  

Supian HK menambahkan, untuk skala kecamatan, upaya pencegahan bisa dilakukan dengan himbauan ke masyarakat permukiman, untuk membuat rumah dengan tipe rumah panggung, supaya air hujan yang turun bisa dialirkan dan diserap dengan baik.

“Membuat rumah saat ini harus sesuai dengan aturan, jangan sampai menghalangi arus air menuju gorong-gorong hingga sungai, supaya aliran air dapat mengalir dengan optimal, lalu membuang sampah jangan sembarangan”, ujar H. Supian HK.

Lebih lanjut, penanaman pohon di area permukiman dapat membantu penyerapan, apabila debit air mulai meningkat. Ditambah dengan normalisasi sungai yang ada, akan mengurangi resiko terjadinya bencana.

“Sinergi semua pihak sangat diperlukan mulai dari pemerintah, tokoh agama hingga masyarakat harus bahu membahu saling bantu untuk menanggulangi permasalahan ini,” pungkas Supian HK.(jejakrekam)

Penulis Riza/Humas DPRD Kalsel
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.