Eksekutif Paparkan 4 Fokus Arah Pembangunan di Raperda Perubahan APBD 2023

0

GUBERNUR Kalsel H Sahbirin Noor melalui Sekdaprov, Roy Rizali Anwar berharap Perubahan APBD Tahun Anggaran 2023 mampu meningkatkan kualitas serta efisiensi keuangan daerah dalam membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan terhadap masyarakat.

HAL tersebut disampaikan pada Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalsel, Senin, (4/9/2023) yang dipimpin Ketua DPRD Kalsel, H. Supian HK, dan didampingi Wakil Ketua DPRD Kalsel, M. Syaripuddin.

Perubahan APBD ini, lanjut Roy Rizali tetap mengacu dan berpedoman pada Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023 dengan mengusung tema, “Penguatan Daya Saing Sumber Daya Manusia (SDM) untuk Meningkatkan Perekonomian Berkelanjutan.”

BACA : Terus Upayakan Pencegahan Bencana, Supian HK Ingatkan Warga Rantau Bujur Hilir Jaga Lingkungan

“Kita meletakkan upaya dan harapan agar pada Tahun 2023 ini, provinsi kita mampu memantapkan penguatan SDM dalam rangka meningkatkan dan menata perekonomian Kalsel yang berkelanjutan, dengan mendidik, melatih dan membantu pengusaha-pengusaha kecil dan menengah, agar mereka dapat bangkit dari keterpurukan,” ucapnya.

Sebagaimana diketahui, bahwa pemulihan ekonomi terjadi perlambatan pasca Covid-19. penguatan daya saing SDM untuk meningkatkan perekonomian berkelanjutan, diharapkan dapat memulihkan pertumbuhan ekonomi dan kehidupan sosial masyarakat menjadi lebih baik dengan berfokus kepada 4 arah pembangunan.

4 arah pembangunan yang dimaksud, yakni pertama fokus pada sektor kesehatan, pendidikan dan keterampilan. Kedua, fokus kepada sektor UMKM. Ketiga, fokus kepada hilirisasi industri, pertanian dan pariwisata. Keempat, fokus kepada penanganan banjir, kebakaran hutan dan lahan serta Covid-19.

BACA JUGA : Belum Detail Bahas Item Pendapatan Dan Belanja, Banggar Setujui Nilai KUPA PPAS  2023 Sebesar Rp 8,986 Triliun

Terakhir, dalam penyampaiannya, dirinya mengapresiasi kinerja pimpinan dan seluruh anggota DPRD Provinsi Kalsel atas sinergi, kebersamaan, dan kemitraan yang menurut Paman Birin sampai dengan sejauh ini masih sangat terpelihara dengan baik, sesuai dengan tugas dan kewenangan masing-masing.

H. Supian HK mengucapkan terima kasih atas penjelasan Gubernur Kalsel yang disampaikan Sekda Roy Rizali Anwar. Proses selanjutnya, ia mengatakan akan diadakan pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Provinsi Kalsel atas penjelasan Gubernur Kalsel terkait raperda tersebut pada rapat paripurna mendatang.(jejakrekam)

Penulis Ipik G
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.