Sambut Mahasiswa KKN STIQ Amuntai, Ini Harapan Bupati Balangan

0

BUPATI Balangan H Abdul Hadi menyambut mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Amuntai di Aula Mah­igai Mayang Maurai, Komplek Garuda Maharam.

BUPATI Abdul Hadi mengatakan kehadiran mahasiswa KKN tentunya selalu membawa harapan terkait upaya mencerdaskan masyarakat, baik dari aspek pengetahuan maupun sikap dan pola pikir.

“Mahasiswa juga dituntut untuk bisa menerapkan ilmunya dalam membantu masyarakat. Ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang diterapkan, diamalkan dan dipraktikkan,” ucap Abdul Hadi.

BACA : Pastikan Pekerjaan Sesuai Rencana, Bupati Balangan Tinjau Proyek Penataan Kota

Namun, ilmu yang harus dipraktikkan bukan sekedar ilmu yang berkaitan langsung dengan pilihan jurusan saja. Tapi ilmu yang tidak kalah penting dari itu adalah ilmu untuk mengenali dan memahami permasalahan, ilmu untuk mencari solusi, ilmu untuk menangani situasi, ilmu untuk berkomunikasi dan mensinergikan berbagai pihak, dan sebagainya.

“Mungkin kita biasa menyebut ilmu itu ilmu sosial skills atau keterampilan sosial,” ujar Bupati Abdul Hadi.

Dikatakannya, KKN merupakan momen yang tepat untuk para mahasiswa mempraktikkan ilmu yang dimiliki.

BACA JUGA :  Lepas Kafilah MTQ, Bupati Balangan Minta Tunjukkan Prestasi  

KKN juga momen ketika mahasiswa dituntut untuk meng­gunakan ilmunya guna mengenali permasalahan yang ada dalam masyarakat, kemudian men­carikan solusi.

Dikesempatan itu, ia meminta, kepada semua mahasiswa dan dosen yang mewakili STIQ Amuntai yang berhadir agar mencarikan solusi bagi perma­salahan masyarakat nanti.

Usahakan solusi yang ajukan adalah solusi yang sifatnya bisa mendorong kemandirian masya­rakat. Mendorong kemandirian ini implementasinya banyak.

Bisa dalam bentuk mendorong masyarakat untuk aktif partisipasi, mendorong masya­rakat untuk aktif mengajukan inisiatif maupun pendapat, memotivasi masyarakat untuk berpikir mencari inovasi atau terobosan-terobosan baru, dan sebagainya.(jejakrekam)

Penulis MC Balangan
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.