Guntung Manggis Raih Juara Terbaik 1 Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi 2023

0

WALIKOTA Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin didampingi Lurah Guntung Manggis Zikru Rakhman menerima piala penghargaan juara terbaik 1 dalam lomba Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2023, Selasa (15/8/2023)

PENYERAHAN piala penghargaan itu diserahkan dalam momentum Hari Jadi Provinsi Kalimantan Selatan ke-73 yang diselenggarakan di Nol Kilometer Siring Sungai Martapura Banjarmasin atau depan kantor lama Gubernur Kalsel di Kota Banjarmasin.

Walikota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin menyampaikan apresiasi luar biasa atas kerja keras seluruh jajaran Kelurahan Guntung Manggis sehingga berhasil meraih perolehan juara terbaik 1 lomba desa/kelurahan tingkat provinsi tahun 2023.

BACA : Siagakan Seluruh Aparat, Walikota Banjarbaru Pimpin Apel Siaga Karhutla

Orang nomor 1 di Banjarbaru itu berharap pencapaian ini dapat memacu kelurahan lain yang ada di Banjarbaru untuk dapat berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Alhamdulillah, harapan kita semoga di tahun-tahun yang akan datang kelurahan lain di Banjarbau juga dapat meraih juara. Pada intinya komunikasi antara pihak kelurahan dan masyarakat harus terjalin baik dan saling mendukung untuk memajukan wilayahnya. Dengan begitu, Insyaallah pasti bisa meraih juara,” tutur Aditya.

Adapun Kelurahan Guntung Manggis berhasil terpilih sebagai juara dalam lomba Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi lewat berbagai program unggulan yang digagas oleh Walikota Aditya. Program yang tentunya mengutamakan pelayanan yang dikhususkan untuk memudahkan masyarakat dan memajukan wilayah itu sendiri.

BACA JUGA : Korban Kebakaran Di Kelurahan Loktabat Mendapat Bantuan Dari Walikota Banjarbaru

Program-program Kelurahan Guntung Manggis yang berhasil dilaksanakan di antaranya, pelaksanaan Jemput Bola (Jebol) yaitu melaksanakan pendataan warga tidak mampu yang belum termasuk dalam DTKS dan PKH untuk dapat dicarikan bantuan melalui kerjasama dengan Yayasan Insan Berkah Mulia, serta pendataan rumah tidak layak huni untuk dapat dibantu dalam hal renovasi.

Minggu Babarasih (Mibar), pelaksanaan program gotong royong kebersihan lingkungan di tingkat RT. Sadar Pajak Dari Diri Sendiri (Sajari) yaitu dalam rangka peningkatan pendapatan pajak PBB dengan mencantumkan data lunas PBB tahun berjalan dalam setiap layanan kelurahan.

Konsultasi pelayanan melalui WhatsApp, yaitu program konsultasi masyarakat kepada petugas pelayanan melalui pesan daring, seperti menanyakan persyaratan suatu layanan serta untuk pengaduan pelayanan di kelurahan.

BACA LAGI :  Sandiaga Uno Apresiasi Pengembangan Ekonomi Kreatif di Banjarbaru

Hingga Aplikasi Sistem Pelayanan Administrasi Kelurahan dan Kecamatan (SIAPKK) yaitu program aplikasi yang bisa diakses secara online untuk mengurus salah satu layanan yang ada di kelurahan.

“Dukungan bapak Walikota dan kerjasama masyarakat di Kelurahan Guntung Manggis sangat besar. Adanya program- program yang dijalankan ditingkat kelurahan, seperti program RT mandiri untuk peningkatan ekonomi pasca Covid-19, homecare untuk lansia, pelayanan berbasis elektronik, serta pemberian pelatihan UMKM berupa kerajinan rajutan yang dibina Ketua TP PKK Kota Banjarbaru,” kata Lurah Zikru.

Atas raihan juara terbaik 1 ini, Kelurahan Guntung Manggis mewakil kelurahan dan desa lainnya di Provinsi Kalimantan Selatan berkesempatan untuk mengikuti Lomba Desa/Kelurahan di tingkat regional. Dalam hal ini, Lurah Zikru meminta dukungan masyarakat Banjarbaru khususnya masyarakat Guntung Manggis agar diberikan kemudahan dan kelancaran dalam lomba tingkat regional nantinya.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.