Festival Wisata Budaya Pasar Terapung, H Sahbirin Noor: Kenalkan Kalsel Ke Kancah Dunia

0

GUBERNUR Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor atau Paman Birin menyampaikan sambutan yang dibacakan Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Roy Rizali Anwar, saat Pembukaan Festival Wisata Budaya Pasar Terapung di Siring 0 Km.

DISEBUTKAN, delegasi dari negara asing dapat menjadi jembatan informasi dan promosi wisata Kalimantan Selatan ke kancah dunia. Hal tersebut dapat ditemukan melalui gelaran festival pasar terapung tahun ini, yang menghadirkan nuansa berbeda, dengan kedatangan perwakilan dari Korea Selatan, Turki, Romania, dan Taiwan.

“Memang sudah saatnya event pariwisata kita tidak hanya terkenal di daerah sendiri, tetapi juga menjajaki pasar internasional,” katanya, Jumat (11/7/2023).

BACA: Sempat Vakum 2 Tahun, Atraksi Perahu Hias Festival Budaya Pasar Terapung Jadi Hiburan Rakyat

Paman Birin menuturkan, delegasi perwakilan didatangkan pada momen yang tepat, di mana saat ini Kalsel sedang memperjuangkan status Geopark Meratus menuju UNESCO Global Geopark Meratus. “Kita memiliki kesempatan untuk mengenalkan delegasi pada bentang alam Meratus yang memukau, yang sebentar lagi niscaya menjadi bagian dari jejaring geopark dunia,” ucapnya.

Paman Birin juga berharap, dengan diundangnya delegasi perwakilan dari negara asing tersebut dapat memperkenalkan Kalimantan Selatan ke kancah dunia, menjembatani informasi kepariwisataan di Kalimantan Selatan dengan wisatawan di negara mereka, meningkatkan peluang promosi pariwisata ke mancanegara. “Semoga dengan inovasi atraksi dan peningkatan promosi dari tahun ke tahun, dapat menjangkau lebih banyak wisatawan domestik maupun mancanegara,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel Muhammad Syarifuddin menuturkan, event ini dilaksanakan sebagai ajang promosi sekaligus pertukaran budaya dengan empat negara sahabat. Mereka diajak berkeliling untuk melihat dan menikmati destinasi wisata unggulan di Kalsel, seperti Tahura Sultan Adam, Bukit Batu, dan wisata Kiram.

Pada kesempatan ini Syarifuddin juga berterima kasih kepada Kemendagri, yang telah membantu Pemerintah Provinsi Kalsel dalam mengkoordinasikan kedatangan delegasi dari empat negara sahabat ini.

BACA JUGA: Bangkitkan Sektor Pariwisata, Sekdaprov Buka Festival Pasar Terapung

“Dengan kedatangan mereka ke Kalimantan Selatan, harapan Kita Kalsel tidak hanya dikenal di Nusantara tapi juga mancanegara, sehingga banyak orang yang berkunjung ke Banua untuk menyaksikan keragaman budaya dan keindahan wisata Kita yang tidak kalah dengan daerah lain di Indonesia,” tukasnya.

Selain penampilan dari delegasi empat negara sahabat, Festival Budaya Pasar Terapung ini juga turut dimeriahkan dengan stand Kampung Banjar dari 13 kabupaten/kota, stand UMKM, dan pertunjukan Kelotok Hias dari SKPD lingkup Pemerintah Provinsi Kalsel.

Adapun gelaran Festival Wisata Budaya Pasar Terapung juga dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-73 Provinsi Kalimantan Selatan sekaligus HUT ke-78 Republik Indonesia.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.